Gubernur Sumsel Kunjungi Desa Lubuk Nipis Yang Terdampak Banjir Bandang

Tanjung Enim | Buserindonews.Com – Kabupaten Muara Enim – Banjir bandang yang terjadi akibat dari meluapnya Sungai Meo, di perkirakan setidaknya 62 KK Di Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim yang terdampak 10/03/2023

H.Herman Deru Gubernur Sumatera Selatan , Pada Hari ini Sekira pukul , 11 : 50 wib Sebelum Melaksanakan Sholat Jum’at, meninjau langsung lokasi Banjir bandang, dan di dampingi oleh PLT Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, dari informasi di lapangan tim Gubernur turun di Lapangan Bola Kaki, Air terjun Bedegung, kemudian menuju Lokasi Desa lubuk Nipis, Dan sekira pukul 14 : 20 Wib , Gubernur dan rombongan meninggalkan lokasi banjir bandang,

“sementara itu dari informasi yang di dapat oleh Tim WRC PAN-RI Unit Kabupaten Muara Enim, yang berada di lokasi banjir bandang menjelaskan , banjir bandang di wilayahnya terjadi pada pada Kamis 9 Maret 2023 sekira pukul 8.30 WIB.intensitas hujan yang cukup tinggi menjadi penyebab meluapnya Sungai Meo ujar Tim WRC PAN-RI,.

“lanjut nya Karena hujan deras semalaman, paginya langsung banjir,” Dan meluap ,Akibat banjir bandang ini, di perkirakan sedikitnya 20 rumah warga terendam banjir.

“dan sekitar 10 hektar sawah ikut terendam, itu yang sudah panen. Dimana secara total kerugian masyarakat di perkirakan sekitar Rp600Juta,” jelasnya.

salah satu warga Desa lubuk Nipis Nuraida (53) menyebut, selama dirinya tinggal di Desa Lubuk Nipis ini merupakan banjir bandang yang ketiga kalinya. dia berharap Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan provinsi Sumatera Selatan, bisa menemukan jalan solusi nya, biar kedepannya nya persoalan banjir ini , bisa teratasi,

lanjut nya banjir Bandang Pertama terjadi pada tahun 1983, banjir bandang ke dua terjadi lagi pada tahun 1991, dan hari ini yang ketiga kali dan paling parah,” katanya.

Sementara itu, luapan banjir bandang juga terlihat di objek wisata air terjun Bedegung, Kabupaten Muara Enim.

Air terjun Bedegung atau yang dikenal dengan Curup Tenang yang jernih mendadak berubah menjadi coklat akibat luapan banjir bandang.

Detik-detik tumpahan banjir di aliran air terjun Bedegung sempat terekam kamera Video Amatir Masyarakat sekitar dan beredar luas di media sosial.
dan Beruntungnya di lokasi wisata pada saat datang nya banjir bandang sedang tidak ada pengunjung.(*)

Tim WRC PAN-RI Unit Muara Enim Melaporkan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *