Camat Babelan H. Khoirudin Secara Resmi Membuka Pembinaan RT/RW Melalui Kasipem Kec. Babelan 

Buserindonews.com

Babelan, Kab. Bekasi Buser Indonesia || Dalam rangka fasilitasi pelayanan tugas dan kewajiban lembaga kemasyarakatan, Kecamatan Babelan melakukan pembinaan RT RW tingkat Kecamatan tahun 2023 yang digelar secara bergilir di 7 Desa dan 2 Kelurahan se Kecamatan Babelan. Pembinaan diawali dari Desa Babelan Kota, Senin (11/9/23).

Pembinaan RT dan RW tersebut secara resmi dibuka Camat Babelan H Khoirudin melalui Kasi Pemerintah (Kasipem) Kecamatan Babelan Asep Edwin di aula Desa Babelan Kota.

Dalam sambutannya, Asep Edwin mengatakan, pembinaan Ketua RT dan RW dilaksanakan secara bergilir di masing-masing Desa dan Kelurahan se Kecamatan Babelan yang diawali dari Desa Babelan Kota.

Asep Edwin menambahkan, pembinaan RT RW itu dilakukan guna mendukung terwujudnya pelayanan publik yang prima sesuai dengan pelayanan tugas dan kewajiban lembaga kemasyarakatan.

“Ini Kita lakukan guna meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kedisiplinan pengurus RT dan RW yang dilaksanakan satu hari diikuti Ketua RT dan RW.

Menurutnya, Ketua RT dan RW merupakan gerbang pertama yang diketuk oleh masyarakat untuk mengurus administrasi masyarakat desa. Karena peran RT RW itu bisa mendata warganya.

Asep Edwin mengimbau agar para Ketua RT dan Ketua RW membentuk susunan organisasi kemasyarakatannya. Selain itu harus mempunyai buku surat keluar masuk dan arsip untuk mendata warganya.

“Jika sudah mempunyai data base itu akan bisa memberikan pelayanan terbaik ke warganya. Misalnya, kondisi saat ini ditengah menghadapi musim panas, diharapkan RT RW dan Kadus agar berperan aktif untuk berada di tengah masyarakatnya guna mengetahui situasi terkait kekeringan. Utamanya, agar bisa menyerap aspirasi masyarakatnya.

Sementara itu, Plt Kepala Desa Babelan Kota, Supriyadi mengatakan, pembinaan RT RW itu bagus, yang bertujuan agar dapat memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) nya, baik itu secara administratif maupun peran dalam membantu pelayanan dasar masyarakat.

Sesuai arahan terkait pelayanan untuk bisa lebih baik yaitu perbanyak silaturahmi ke warganya.

Bagaimana caranya agar bisa duduk bareng dengan Masyarakat, mungkin itu harus perbanyak silahturahmi ke warga, juga termasuk kalangan pemuda agar lingkungan aman dan kondusif,” ujarnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kasipem Kecamatan Babelan yang telah menggelar pembinaan RT RW. Semoga ke depannya para Ketua RT dan RW bisa lebih baik melaksanakan fungsinya dalam pelayanan masyarakat,” ujarnya. (boby/red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *