Camat Satui bersama Muspika dan Anggota DPRD Buka Pelepasan Lomba Perahu Hias Peringati HUT Satui ke-361 th.2024.

Tanah Bumbu KALSEL || buserindonews.com,

Dalam rangka peringatan HUT Satui ke-361 salah satu rangkai tersebut ada salah satu budaya daerah jaman dahulu di satui turun temurun yaitu naik perahu atau katinting merupakan salah satu Akses digunakan pada jaman dahulu untuk perjalan melalui sungai

untuk bertemu sanak keluarga maupun menuju antar kampung yang berada di bantaran sungai.

Demi melestarikan budaya Perahu atau jukung katinting, diadakan secara meriah berupa lomba perahu hias di Sungai Satui.

Acara lomba Perahu hias tersebut diiringi Do’a Keselamatan dilepas langsung Oleh Camat Satui Ferdi Yospi LE.S.Hut didampingi Polsek Satui Akp.Hardaya, Danramil 1022-04, Dinas Pariwisata Tanah Bumbu, KUA Satui Khairun Noor, serta Seluruh Kepala Desa Se-Kec.Satui.

Turut hadir Anggota DPRD Tarmiji, Hj.Ernawsti, Sya’bani Rasul, Masripay, H.GT M Erwin Arifin, Asri Noviandani, juga dari Lawung Kuning Banjar, Pemuda Pancasila, Dewan Adat Dayak, Bapasak, RPKS, KSOP Satui, Orari Satui, Radio Elbas, Radio Angkasa, PMI, Perusahaan PT.Arutmin indonesia,PT PAMA, PT.Thiess, PT.DH, PT.Thriveni, PT.Wahana, PT STU serta Tokoh Pemuda Satui Gusti Wahyu. Kamis (29/08/24).

Dalam kesempatan tersebut Camat Satui Ferdi Yospi L.E. S.Hut, M.P Kepada awak media, Kami dari pemerintahan mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Satui dan pihak terkait lainya dalam Rangka hari jadi satui ke-361, yang mana dulunya merupakan suatu desa sekarang sudah berkembang menjadi Kecamatan.”ucap Ferdi”.

Ferdi menambahkan, dengan ini kita gaungkan mengangkat Budaya dengan peringatan Hari jadi Satui 361 lebih dahulu dari kemerdekaan, untuk itu kita peran serta tokoh masyarakat, Para ulama, dan Anggota DPRD di tahun akan datang acara ini akan lebih meriah lagi dengan harapan ada Angaran dari pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata “Harap Ferdi”.

Kapolsek Satui Akp.Hardaya menyampaikan Kepada seluruh lapisan masyarakat jaga keselamatan bersama karna ini Hari jadi Satui ke-361 dari kita untuk kita, mari bersama-sama kita ciptakan rasa kebersamaan.”tegas Hardaya”.

Anggota DPRD H.Sya’bani Rasul, Kami mengucapkan Alhamdulillah atas seluruh rangkaian hari jadi satui dan ini sangat luar biasa atas dukungan seluruh masyarakat satui” ucapnya”

dan kedepanya Kami dari Anggota DPRD Dapil 3 Satui-Angsana akan kita kawal kegiatan ini agar bisa diangarkan di Perintah daerah khusus pada Dinas Pariwisata serta mengakumodir Agenda tahunan ini, yang mana pelaksanaan ini sudah dilakukan sekitar 4 tahun lebih dengan biaya Swadaya masyarakat.”terang Rasul”.

Sedangkan Tarmiji Anggota DPRD juga menambahkan, ucapan rasa syukur atas terselengaranya Kegiatan Seni dan Budaya HUT Satui ke-361 serta terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat satui dan kami bersama teman teman Anggota DPRD akan memperjuangkan agar Pemerintah Daerah ada anggaran ditahun kedepanya serta peringatan tidak lepas dari salah satu Tokoh Asal Satui yaitu Dr. H.C. K H. Idham Chalid merupakan Pahlawan Nasional.”ungkap Tarmiji”.

dari Tokoh masyarakat Satui H.Aloi, sebelumnya kegiatan ini bukan pawai perahu hias tapi batanjak jukung artinya lomba bakayuh ini dilakukan disetiap perayaan hari hari besar seperti pada 17 Agustusan pada hari kemerdekaan.”terang H.Aloi”

Selanjutnya yang kita peringati ada dua momen yaitu mengenai Sejarah satui yang pernah kami angkat bersama Pa.Camat, Kapolsek, Danramil dan seluruh tokoh masyarakat di waktu itu untuk mengungkap Fakta sejarah Satui dengan didukung Fakultas IAIN Banjarmasin dan Sumber narasi Tim Peneliti PSP Sejarah FKIP ULM, bahwa Satui sudah ada di jaman hikayat Banjar tahun 1663,

Juga sumber kolonial, peta wilayah Keradjaan Bandjarmasin tahun 1826-1860, terdapat wilayah Gebergte (Pegunungan) Satoi, termasuk dalam wilayah Banjarmasin sebelum tahun 1860.

dan juga haul Dr. H.C. K H. Idham Chalid merupakan Asli kelahiran orang Satui.

Sementara itu Dinas Pariwisata Tanah Bumbu ibu isnawati S Sos, Kami sangat mengapresiasi kegiatan Seni Budaya dan acara ini sunguh sangat luar biasa, serta jadi ciri khas Satui dan mudah mudahan bisa menjadi ikon Wisata Satui Tanah Bumbu yang patut dikembangkan khusus Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.”Terangnya”.

Untuk Pemenang Lomba Perahu hias :

Juara 1 Peserta 003, juara 2 peserta 105, juara 3 Peserta 002, juara Pavorit mendapatkan jukung/Perahu dan Keputusan tidak bisa digangu gugat tim Penilai Dinas Pawisata Tanah Bumbu Ketua isnawati S.Sos, Salsabila dan Fitriani.

Kegiatan Hari jadi Satui diselengarakan beberapa hari dengan ramgkain berbagai macam seni budaya serta puncaknya Karnaval pada Sabtu 29 Agustus 2024 di Lapangan Kecamatan Satui saat haul Dr. H.C. K H. Idham Chalid. Dengan diiringi Ribuan Katupat balamak Ciri khas Satui.

( Edy : BUSER INDONESIA-Tim media ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *