Daerah  

Giat Jumsih Rutin Sebagai Program Berkesinambungan Di Desa Karoya Kec.Tegalwaru Purwakarta

BUSER INDONESIA || Pemerintah Desa (Pemdes) Karoya Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta menggelar kegiatan jumsih (Jum’at bersih), sebagai program berkesinambungan, dengan melakukan penataan dan pembersihan di lingkungan sekitar Balai Desa, Jalan protokol serta lingkungan pemukiman rumah warga.

Kegiatan Jum’at bersih merupakan kegiatan rutin mingguan yang di giatkan oleh Kepala Desa Karoya (Edi Suhendi) sebagai program berkelanjutan agar senantiasa masyarakat peduli tentang kebersihan lingkungan di tempat mereka tinggal.

Kegiatan Jum’at bersih kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Karoya (Edi Suhendi), dan diikuti oleh seluruh jajaran staf Desa, serta Masyarakat Desa Karoya. Jum’at (01/09/2023).

Edi Suhendi Menjelaskan : “Pemerintah Desa ingin menggalakan kegiatan Jumsih ini, dengan mengawali dan memberi contoh terjun langsung kelapangan dengan harapan kedepannya masyarakat dapat mengikuti untuk lebih sadar dan peduli akan kebersihan lingkungannya masing-masing”, imbuhnya.

Lebih lanjut Edi, “melalui kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan yang di sebarluaskan kepada masyarakat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang asri dan sehat. Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, kegiatan tersebut bisa menjadi media bagi masyarakat untuk saling bersosialisasi dan menumbuhkan kembali budaya gotong-royong yang saat ini sedikit demi sedikit mulai hilang dalam jiwa masyarakat Desa,” sambungnya.

Menurut dia, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud komitmen dirinya sebagai Kepala Desa. “Kami sadar aksi ini belum seberapa, tetapi setidaknya ini adalah perwujudan komitmen untuk mengabdi kepada warga,” kata Edi.

“Hasil yang diperoleh dari kegiatan Jum’at bersih ini selain terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan tidak ada sampah yang berserakan sehingga membuat lingkungan masyarakat terutama lingkungan kerja pemerintah desa menjadi sehat,” tuturnya.

Hal lain yang mendasari aksi bersih-bersih ini, kata Edi, adalah bentuk dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten Purwakarta tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“InsyaAllah ke depan Pemerintah Desa Karoya siap menjadi Desa percontohan tentang kebersihan lingkungan bagi Desa-Desa lain yang berada di wilayah Kecamatan Tegalwaru,” terangnya.

Vikry Fadillah B ~ Dedi H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *