Kantana Kelurahan Bahagia Gelar Simulasi Penyelamatan Korban Tenggelam

Buserimdonews.com

Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi – Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) Bahagia bersama aparat Kelurahan Bahagia mengelar simulasi tanggap darurat penyelamatan dan evakuasi korban diduga tenggelam di danau Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) RW 035, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Jumat (12/5/23).

 

Hadir Lurah Bahagia, Khairul Anwar, Teguh Kasi Trantib, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Ketua RW 035 Kelurahan Bahagia.

 

“Kegiatan simulasi yang diikuti 10 personil relawan Katana Bahagia ini, diskenariokan dengan adanya orang yang diduga tenggelam, lalu ada satu orang korban dalam kejadian tersebut yang akan diselamatkan oleh relawan Katana Bahagia,” kata Serka Haris.

 

Menurutnya, begitu mendapat kabar tentang bencana tersebut ttim Relawan Katana Bahagia langsung bergerak ke lokasi kejadian dengan menggunakan dua unit mobil, satu unit mobil buat mengangkut anggota relawan dan satu unit perahu karet penyelamat.

 

“Yang satu unit mobil lainnya adalah ambulance Kelurahan Bahagia,” ungkapnya.

 

Begitu sampai di lokasi kejadian, tim relawan dengan reaksi cepat dibawah komando instruktur dari Kasi Trantib, Babinsa dan Bhabinkamtibmas langsung menyelamatkan dan mengevakuasi korban yang berada di tengah danau dengan cepat dan sigap.

 

Pelatihan tentang kebencanaan, baik itu bencana di darat maupun di air tetap akan diupayakan dan terus berlatih, baik itu tentang kedisiplinan, respek hingga cara cara menghadapi sebuah bencana dalam situasi apapun.

 

“Simulasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kapasitas anggota relawan tanggap bencana. Karena relawan tanggap bencana ini merupakan salah satu ujung tombak petugas kebencanaan dalam hal ini khusunya Relawan Katana di Kelurahan Bahagia,” ujar Kasi Trantib Kelurahan Bahagia, Teguh yang didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas.(boby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *