LMDH Segarajaya Lestari Tanam 1500 Mangrove Di Kawasan Sungai Keraton

Buserindonews.com

Kabupaten Bekasi – Kawasan Sungai Keraton merupakan kawasan hutan yang berada di daerah pasang surut, pantai yang terlindung serta muara sungainya tergenang pada saat pasang dan kering pada saat air surut, dimana komoditas tumbuhannya bertoleransi terhadap salinitas. Hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat secara fisik ekologis dan ekonomis antara lain sebagai perlindungan terhadap sedimentasi, abrasi dan instrunsi air laut, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta untuk menurunkan emisi karbon, secara ekologis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya. Sedangkan secara ekonomis hutan mangrove bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi wisata, sumber mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan penangkap ikan, udang, kepiting dan lainnya.

Masyarakat Desa Segerajaya dan Siswa Peramuka SMPIT Nurul Qolbi serta MTS AL Islah melaksanakan Kegiatan Penanaman Mangrove di hari penanaman pohon dalam rangka pemulihan ekosistem di kawasan Sungai Kraton yang terletak di kawasan hutan desa Segarajaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi pada ( 28/11/2022)

LMDH Lembaga Masyarakat Desa Hutan Tanam Mangrove di Sungai Keraton kawasan Hutan
LMDH Lembaga Masyarakat Desa Hutan Segarajaya Lestari Tanam Mangrove di  kawasan Sungai Keraton 

Penanaman Mangrove dipimpin langsung oleh SAMSURI S.Pd selaku Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan bersama masyarakat Desa Segarajaya, Asper Ujung Karawang (Adesoma) serta (Wisrawan Wahju Wibowo (GM Nusantara Power).

Sebanyak 500 bibit mangrove ditanam di aliran Sugai Keraton dan pada 11 Desember 2022 mendatang kembali akan di tanam 1000 Mangrove di kawasan Sungai Keraton Wilayah Desa Segarajaya Kecamatan Tarumajaya.

Pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove dilakukan dengan teknik pembibitan jenis bibit yang ditanam adalah Rizhopora Mucronata dan Rizhopora Stylosa. dengan jarak tanam sekitar satu meter kali satu meter.

Adapun penanaman mangrove yang telah dilaksanakan bertujuan untuk pemulihan ekosistem mangrove di kawasan Sungai Keraton.

LMDH Lembaga Masyarakat Desa Hutan Segarajaya Lestari Tanam Mangrove di Sungai Keraton
Peringati Hari Menanam Pohon LMDH Lembaga Masyarakat Desa Hutan Segarajaya Lestari Tanam Mangrove di Sungai Keraton

Terkait hal tersebut Samsuri S.pd selaku Ketua LMDH Segarajaya Lestari dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan penanaman mangrove dalam rangka pemulihan ekosistem ini diharapkan dapat memulihkan atau memperbaiki kualitas serta mempertahankan hutan mangrove, agar dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis.” Bebernya.

 

Lebih lanjut Ketua LMDH Segarajaya Lestari mengatakan, “Dengan adanya kegiatan penanaman ini masyarakat diharapkan untuk proaktif ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan Sungai Keraton.” Ucapnya.

Pelajar Pramuka bersama LMDH Segarajaya Lestari
Pelajar Pramuka bersama LMDH Segarajaya Lestari

Diakhir sambutannya Ketua LMDH menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan kegatan ini dan berharap hal ini dapat memberikan motivasi serta pemahaman kepada masyarakat terkait kelestarian hutan dan lingkungannya,” Ucap Samsuri Ketua LMDH Segarajaya Lestari

 

Di tempat yang sama GM PLN Nusantara Power .Muara Tawar Power Plane Wisrawan Wahju Wibowo mengatakan, “kami dari PLN Nusantara Power tidak berhenti sebatas penanaman pohon, hari ini, termasuk akan terus bekerja sama dalam hal perawatannya sehingga bisa berkembang menjadi ekowisata yang bagus.

Dia juga berharap (Wisrawan Wahju Wibowo – red), “agar apa yang sudah kita lakukan hari ini kita jaga sama sama kelestarian nya sehingga mampu meningkatkan hal hal yang positif untuk masyarakat itu sendiri,” Ucap Wisrawan Wahju Wibowo GM PLN Nusantara Power Muara Tawar Power Plane. (boby/Ics)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *