Peringatan Maulid di SMAN 1 Plered Mengambil Tema Meneladani Akhlak Dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW

Purwakarta || BI – Memperingati hari besar umat Islam merupakan salah satu cara yang sudah biasa diperingati untuk menigkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, serta kecintaan kepada Baginda Rasulullah SAW. Dalam peringatan ini, SMAN 1 Plered Purwakarta Jawa Barat, dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda Jum’at 28 Oktober 2022/1444 H.

Kegiatan yang di laksanakan setiap tahun ini memang bukan merupakan sebuah kewajiban dalam ibadah. Namun perayaan Maulid Nabi merupakan bentuk kebahagiaan atas datangnya sang penolong, pembawa kabar gembira dan peringatan lahirnya Rasulullah Muhammad SAW yang pada senin 12 Rabi’ul Awal.

Adapun temanya adalah “Meneladani Akhlak Dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW”. Harapan dari terlaksananya peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah. Menyatukan warga sekolah dengan iman dan kebahagiaan lahirnya sang panutan, Rasulullah Muhammad SAW.

Selain diikuti oleh warga di internal baik para siswa/Kepala Sekolah tenaga pendidik dan tenaga lainnya, orang tua siswa, jajaran Komite Sekolah, para tokoh, juga dihadiri oleh perwakilan Muspika Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang menceritakan isi kandungannya tentang diri Muhammad sebagai seorang rasul dan uswatun hasanah atau suri tauladan bagi orang yang beriman.

Pemilihan ayat ini tentunya dikaitkan dengan tema yang diusung yaitu: “.Meneladani Akhlak Dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW”.

Ada ciri khas yang tak pernah tertinggal pada setiap kegiatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW yaitu ; pembacaan Shalawat/ Deba/Al Barzanji. Al Barzanji itu sendiri pberasal dari nama belakang seorang penyair, penulis prosa dan puisi terkenal yaitu Syekh Ja’far Al Barzanji.

Deba/Al Barzanji berisi puji-pujian yang menceritakan sejarah rasulullah dari mulai kanak-kanak hingga menjadi rasul.

Tujuan dilakukannya ritual pembacaan Al Barzanji adalah agar generasi muda mengenal dan mencintai rasulnya. Selain itu untuk menghidupkan seni budaya Islam di kalangan remaja.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Plered Purwakarta (Wahyu Yuana, S.Pd. M.Pd), dalam sambutannya menyampaikan “kiranya siswa dapat menjadikan rasulullah sebagai suri tauladan terutama di lingkungan sekolah” sebagai Uswatun Hasanah.

Peringatan ini juga diharapkan akan memberikan ketenangan rohani dalam menyongsong ujian semester ganjil yang tidak lama lagi akan dilaksanakan. Kiranya momen maulid ini akan membawa perubahan sikap yang baik bagi siswa.

Sebagai acara puncak pada acara maulid ini yaitu ceramah tausiah yang disampaikan oleh Al Ustadz Asep Dai dari Darangdan Purwakarta.

Selain tentunya menjelaskan kepribadian rasulullah sebagai uswatun hasanah, dan pembawa peradaban meninggalkan kejahiliyahan, beliau juga memotivasi siswa bahwa peringatan maulid ini mendatangkan banyak manfaat.

Paling sedikit ada tiga manfaat yang dapat diperoleh dari acara maulid ini. Di samping banyak manfaat lainnya jika kita menyadari.

Ketiga manfaat tersebut yaitu:

1. Mempererat serta memupuk tali silaturrahmi antara siswa dan guru.

2. Sebagai majelis ilmu, dimana menuntut ilmu hukumnya wajib/fardhu ain, di dalam syariat Islam. Sehingga orang yang duduk di dalam majelis ilmu, Allah beri ganjaran seperti orang yang sholat sunah seratus rakaat.

3. Sebagai media dakwah dan syiar Islam.

Di akhir acara untuk menyempurnakannya ditutup dengan doa.

Kiranya apa yang telah dilaksanakan di acara maulid ini, mendapat ridho dari Allah Subhanahu wataala, serta syafaat dari Rasulullah SAW. Wallahu a’lam bishowam

Saepul Bahri, S.Ag/Dedi Heryadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *