5 Makanan Sehat yang Baik Bagi Penderit TBC untuk Percepat Kesembuhan

  • Bagikan

buserindonews.com – Penyakit tuberkulosis (TBC) memang masih dapat diobati dengan antibiotik. Namun, menjalani pengobatan tanpa memastikan asupan nutrisi yang tetap terpenuhi, berisiko membuat Anda susah sembuh.

Makanan untuk penderita tuberkulosis (TBC) diharuskan gizi seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian penderita. Hal tersebut bertujuan agar bisa membantu mempercepat kesembuhan penderita TBC.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan TBC disebabkan oleh bakteri (mycobacterium tuberculosis) yang paling sering menyerang paru-paru. TBC dapat disembuhkan dan dicegah. TBC menyebar dari orang ke orang melalui udara.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/3/2022), berikut sederet daftar makanan yang baik dikonsumsu para penderita TBC.

1. Sayuran
Sayuran merupakan makanan untuk penderita TBC yang sangat membantu dalam pemulihan karena mengandung zat besi dan vitamin B. Segala jenis sayur baik dikonsumsi oleh penderita TBC.

2. Buah-buahan
Buah-buahan juga terbukti baik untuk penderita TBC. Buah yang baik untuk penderita TBC, antara lain ceri, tomat, blueberry, dan buah-buahan berwarna cerah karena kandungan antioksidannya tinggi.

3. Makanan Tinggi Kalori
Penderita TBC juga dikasarankan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Ini bertujuan untuk mempersiapkan cadangan energi agar bisa melawan infeksi. Makanan tinggi kalori ini bisa berasal dari kabrohidrat.

4. Lemak Tak Jenuh
Makanan lain untuk penderita TBC adalah lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun dan minyak nabati. Asupan tersebut bisa memberikan energi bagi tubuh penderita TBC.

5. Makanan Kaya Protein
Protein merupakan penyempurna makanan untuk penderita TBC. Baik protein nabati atau hewani, keduanya baik untuk penderita TBC dalam masa pemulihan.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia