Intensifikasi Pendidikan PAMA Aria Adakan Program Karyawan Mengajar di SMKN 1 SATUI

Tanah Bumbu KALSEL || buserindonews.com,

PAMA Aria Sebagai perusahaan yang aktif beroperasi di wilayah Satui, terus menjaga konsistensinya dalam memberikan program yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Komitmen ini juga sudah tercantum dalam “6 Nilai Inti PAMA” dimana pada poin terakhir disebutkan memberikan nilai tambah pada semua pihak. Pihak yang dimaksudkan tidak hanya terbatas lingkungan internal perusahaan, tetapi juga dimaksudkan secara global. Oleh karena itu, PAMA ARIA selaku site yang beroperasi di wilayah kecamatan Satui, dalam impelementasi pelaksanaan Nilai Inti PAMA, menggait banyak pihak yang salah satunya pada bidang pendidikan, yakni dengan mengadakan program karyawan mengajar yang dilaksanakan di sekolah SMA/Sederajat.

Pada tanggal 25 April 2024, PAMA ARIA memberikan bantuan Engine HD ke SMKN 1 Satui. Tujuannya sebagai alat praktik untuk siswa guna meningkatkan kualitas praktik belajar. Selanjutnya, PAMA ARIA juga proaktif dalam memberikan materi ke sekolah dalam bentuk program “Kayawan Mengajar” dimana pada kesempatan tersebut para siswa diberikan materi terkait gambaran dunia kerja, DEI (diversity, Equity, Inclusicity) dan materi umum pengenalan alat yang dilanjutkan dengan praktik langsung.

Kegiatan ini dilaksanakan tiap bulan di sekolah, pada Mei ini, program “Karyawan Mengajar” dilaksanakan pada 7-8 Mei di sekolah SMKN 1 Satui. Adapun siswa yang di libatkan berasal dari jurusan Teknik Alat Berat yang berjumlah 85 orang.

Program ini juga bentuk implementasi CSR PAMA ARIA yang sejalan dengan Undang-Undang Dasar 1945, yang pada pembukaannya di poin ketiga disebutkan “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Teo Philus selaku karyawan PAMA ARIA yang mengajar di SMKN 1 Satui merasa sangat tersanjung karena sudah diberikan ruang untuk mengajar dan para siswanya juga aktif dalam kegiatan tersebut. “Agenda yang dilaksanakan selama 2 hari ini menjadi meomentum yang sangat berharga bagi kami (perusahaan), karena dapat bersilaturahmi dan berbagi pengalaman” ucap Teo.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Satui Agus Purnomo S,Pd, Kepada Awak media Wartawan, mengatakan sangat bangga menerima program ini dan berharap dapat dilaksanakan secara kontinyu di SMKN 1 SATUI “ini seperti kata pepatah pucuk dicinta dan ulam pun tiba. Program karyawan mengajar ini, memang sangat diperlukan dan ditekankan oleh Kementerian Pendidikan, apalagi SMKN 1 Satui merupakan SMK Pusat Keunggulan, yang memang diwajibkan untuk mendatangkan guru tamu dari perusahaan untuk mengajar siswa di SMK.”

Dengan program ini, maka peserta didik mendapatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang update dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik lagi, karena mayoritas ingin segera bekerja di perusahaan besar seperti PAMA setelah lulus sekolah.

“Harapannya, program ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga selain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, juga membentuk mental dan karakter kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pada peserta didik,” pungkas Agus.

( Edy : BUSER INDONESIA-Team Media )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *