Daerah  

Rembuk Stunting, Dalam Rangka Pencegahan dan Penurunan Stunting T.A 2024 Di Desa Lubuk Getam Kecamatan Belida Darat. 

Buserindonews.com — Muara Enim. Belida Darat, Rembuk stunting dalam Rangka Pencegahan dan Penurunan Stunting Tingkat Desa T.A 2024 di adakan oleh kades Desa Lubuk Getam Darsan dan Pemerintah Desa yang di laksanakan di Kantor kades Desa Lubuk Getam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan Sukses di gelar Selasa 22/10/2024.

Acara di hadiri Oleh Camat Belida Darat Zulchaidir Sidik, S.STP.M.Si, kepala Puskesmas Belida Darat Mulyadi, pendamping Desa Kabupaten Muara Enim Adnan Gani SP, Pendamping Desa Kecamatan, Pendamping Lokal Desa(PLD), Kader Posyandu,
Rembuk Stunting ini membahas untuk pencegahan dan penurunan angka stunting di Desa Lubuk Getam.
Mulyadi UPTD Puskesmas Kecamatan belida darat menyampaikan materinya.

Stanting merupakan gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi, Ciri-cirinya Pertumbuhan tubuh tidak sesuai dengan usia anak, tidak aktif daya pikirnya,lemah.

Sedangkan pencegahan terjadinya stunting di tingkat desa merupakan tugas dari pada kader kesehatan Desa, bidan desa pemerintah Desa terutama kepala desa ,dan tentunya juga bisa melibatkan guru PAUD atau TK. Kades wajib mengdakan Rembuk stunting setiap tahun.
Namun pengawasan stunting, sepenuh tanggung jawab BKKBN, namun sanggat di sayang kan ,di kecamatan Belida Darat tidak ada Petugas BKKBN.

Sedangkan untuk penanggulangan nya sendiri Elemen atau Instansi kesehatan Desa, pemerintah Desa maupun bidan desa harus berkoordinasi dengan kepala desa, ataupun pemerintah Kecamatan dan tentunya petugas kesehatan Kecamatan belida darat.

Adnan gani.sp dari instansi p3 kabupaten Muara Enim juga menyampaikan materi,
Pencegahan dan penanggulangan gizi buruk atau stunting di tingkat Desa ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemerintah Desa ataupun kepala desa.

yang mana anggarannya bisa menggunakan dana desa, seperti
Pengadaan air bersih, Pemberian gizi tambahan kepada ibu hamil dan bayi, Mencegah Pernikahan Dini, Menjaga kebersihan lingkungan ataupun air tergenang sampah dan kotoran,Dengan cara membuat TPA MCK saluran air, Memanfaatkan pekarangan untuk ditanami sayuran dan juga membuat kolam ikan, Tentu nya juga bisa Menggunakan Dana Desa(DD) sebagai modal awal “tutup nya”.

Di tempat terpisah Camat Belida Darat Zulchaidir Sidik S,STP.M.MSi, saat di bincang Awak Media memapar kan sangat mendukung kegiatan Rembuk Stunting tingkat Desa ini, guna untuk mengantisipasi bertambahnya angka stunting atau Gizi buruk terhadap anak anak terkhusus di Desa Desa Kecamatan Belida Darat, ” tutup Camat”( fauzi)

Editor : Irno Irawan

 

 

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *