Beranda Daerah Akibat tanah bergerak Sejumlah Rumah Rusak Parah Di Tegalwaru Purwakarta.

Akibat tanah bergerak Sejumlah Rumah Rusak Parah Di Tegalwaru Purwakarta.

Purwakarta | Buserindonews – Sejumlah rumah di Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta rusak parah dan tiga di antaranya roboh.

Peristiwa ini terjadi akibat tanah di perkampungan itu bergerak akibat terus menerus diguyur hujan.Selain merusak rumah, pergerakan tanah ini juga menyebabkan jalan desa terputus. Sehingga aktivitas warga nyaris lumpuh.

Begitu pula sebagian penghuni yang rumahnya rusak harus diungsikan ke kerabat terdekatnya.Bencana alam ini mengakibatkan 12 rumah  retak-retak dan tiga lainnya roboh.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja kerugian material ditaksir mencapai Rp1,2 miliar, karena beberapa rumah rusak harus dibangun seperti awal.Kapolsek Plered, Kompol Winarsa, membenarkan adanya peristiwa pergeseran tanah di yang terjadi di Kampung Cirangkong RT 14/05 Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru.

Anggotanya bersama aparat desa setempat berikut anggota TNI sudah berada di lokasi untuk penanganan lanjutan.Memang telah terjadi pergeseran tanah yang mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan jalan desa terputus. Kami masih menghitung kerugiannya berapa untuk kemudian dilaporkan pemerintah daerah,” kata Kapolsek.

Menurutnya, pergseran tanah di Kampung Cirangkong terjadi sedikit demi sedikit. Begitu turun hujan deras yang hampir seharian mengakibatkan gerakan tanahnya semakin cepat. Secara otomatis bangunan di atasnya ikut bergerak.

Kami mengimbau kepada warga untuk tetap waspada dan kepada penghuni rumah yang rusak agar mau untuk diungsikan sementara. Sebab harus diwaspadai gerakan tanah susulan,” ucapnya.(Dedi Heryadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Back To Basics : Tugas Fungsi Pemasyarakatan Kalapas Cikarang Berikan Penguatan Pada Jajaran Pengamanan

Buserindonews.com Kabupaten Bekasi -  15 Oktober 2021 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang lakukan “Back To Basic”  Penguatan terkait Tugas dan Fungsi, Pemasyarakatan kepada seluruh Jajaran Pengamanan...

Belasan Siswa MTs Cijantung Ciamis Tenggelam di Sungai Cileueur

Ciamis // buserindonews.com – (BI) Pada hari Jum'at 15 Oktober 2021 jam 18.30 Wib s/d selesai bertempat di sungai Cileueur Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten...

Kapolres PALI Hadiri Kegiatan Pembinaan Ormas

  Pali || buserindonews.com - Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triyadi,S.I.K Menghadiri kegiatan Dialog Dalam Rangka Pembinaan Ormas Kabupaten PALI Tahun 2021 untuk meningkatkan wawasan Kebangsaan...

Polres Satresnarkoba Tanah Bumbu Tangkap Pengedar Kiloan Sabu dan Ekstasi.

  Tanah Bumbu || buserindonews - Polres Satresnarkoba Tanah Bumbu Kalsel mengamankan barang bukti kiloan sabu dan ratusan butir ekstasi saat penangkapan Herliansyah, 27 September...

Recent Comments