Aksi Peduli Sesama Komunitas Bekasi SEHAT Membantu Korban Bencana Alam Gempa Cianjur

Buseridonews.com

Kabupaten Bekasi – Gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo melanda Cianjur Jawa Barat yang terjadi pada Senin (21/11) lalu, mengundang keprihatinan berbagai pihak, tak terkecuali Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi .

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi berikan bantua pada Korban Gempa Cianjur
Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi salurkan bantuan pada Korban Gempa Cianjur bersama ikatan dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Komunitas Bekasi Sehat (KOMBES) dan Akselerasi Puskesmas Indonesia (ASKESMI)

Melalui dinas kesehatan dan tim kesehatan mengirimkan bantuan untuk para korban berupa barang bantuan logistik pangan dan non pangan ke Cianjur menggunakan 26 armada ambulance pada Minggu (27/11).

Peduli Korban Gempa Cianjur Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi beri bantuan 26 Mobil
Peduli Korban Gempa Cianjur Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi bersama Komunitas Bekasi Sehat, IDI, IBI, KOMBES dan ASKESMI kirim bantuan sebanyak 26 armada Ambulance

Sebelum berangkat menuju Cianjur dilakukan pelepasan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Drs. Dedy Supriyadi.MM, di halaman Kantor Bupati , disaksikan oleh pejabat Pemkab Bekasi, Kepala Dinas Kesehatan dr. Alamsyah dan jajaran Pengurus kesehatan dari beberapa puskesmas yang ada di kabupaten Bekasi yang akan di terjunkan kelokasi tersebut sekitar 150 orang .

 

Kepala dinas kesehatan kabupaten Bekasi, “dr.Alamsyah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan sebagai wujud kepedulian dari dinas kesehatan kepada para korban, karena bencana alam tidak bisa diprediksi. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh lapisan tim kesehatan yang terdiri dari komunitas ikatan dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Komunitas Bekasi Sehat (KOMBES) dan Akselerasi Puskesmas Indonesia (ASKESMI) untuk ikut peduli dengan sesama, terutama untuk membantu para korban yang terkena bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.

 

“Ini merupakan modal social untuk saling peduli dengan sesama atau rasa empati kita kepada korban bencana di Cianjur. Ketika kita punya waktu, kesempatan untuk selalu senang menolong orang yang sedang dalam keadaan kurang beruntung, dan semoga dengan bantuan ini bisa meringankan beban mereka”, kata Alamsyah.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi salurkan bantuan langsung ke warga korban gempa Cianjur
Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi salurkan bantuan langsung pada warga korban gempa di Cianjur

Pihaknya juga menyampaiakn terimakasih kepada Tim kesehatan serta semua pihak yang telah ikut peduli dan terus bersinergi untuk membantu sesama.

 

Kadinkes dan Sekda foto bersama dengan jajaran Tim kesehatan kabupaten Bekasi yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan, bantuan yang disalurkan merupakan respons spontan, bentuk empati dari Dinas Kesehatan kabupaten Bekasi, memberikan bantuan logistik dan obat-obatan serta pemeriksaan kesehatan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak bencana alam di tempat pengungsian maupun di tenda-tenda pribadi.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi bersama Komunitas Bekasi Sehat salurkan bantuan warga korban gempa Cianjur
Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi bersama Komunitas Bekasi Sehat Peduli Korban Gempa gempa Cianjur

Selain barang bantuan tersebut, armada ambulans Dinas kesehatan juga membawa barang bantuan ada yang dititipkan melalui posko bencana di kantor  Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang, kabupaten Cianjur Jawa Barat,  bantuan tersebut di terima langsung oleh kepala desa setempat ibu Susilawati, dan ada juga sebagian bantuan yang di berikan dan distribusikan langsung kepada warga yang terdampak di tenda pengungsian di empat titik yang sudah ditentukan kepala dinas kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Dinkes kabupaten Cianjur.

 

kepala Desa Padaluyu “Susilawati, mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi beserta jajarannya dan Tim kesehatan yang sudah memberikan bantuan logistik dan obat-obatan, serta pemeriksaan kesehatan secara langsung kepada masyarakat yang ada di wilayah Desa Padaluyu,

 

Menurut keterangan kepala Desa Sukaluyu kepada Tim kesehatan kabupaten Bekasi, yang di wakilkan “Umar Iskandar, bencana alam yang paling parah terjadi di wilayah pemerintahan desa Padaluyu, ada di tiga dusun yang mengalami rumah roboh dengan kerusakan parah dan sedang, hingga ringan.

 

Kades juga menerangkan jumlah korban jiwa di wilayah nya sebanyak 8 orang terdiri anak-anak hingga lansia dan untuk yang luka berat berjumlah 34, luka ringan sebanyak 136 orang, tapi yang luka berat dan ringan dari awal terjadinya bencana alam, penanganan nya langsung dibawa ke rumah sakit dan Alhamdulillah mereka bisa tertolong.Terang Susilawati kades Padaluyu.

 

Sementara ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bekasi menjelaskan kepada awak media, harapan nya bantuan yang diserahkan bisa bermanfaat bagi para korban.

 

“Alhamdulilah hari ini kami Dinas kesehatan beserta Tim kesehatan dari beberapa puskesmas yang ada di kabupaten Bekasi didampingi pak Sekda bisa terjun langsung mengantarkan bantuan dari untuk masyarakat Cianjur yang terdampak gempa. Kami Dinas kesehatan kabupaten Bekasi berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” tutup Alamsyah

 

Setelah mentribusikan bantuan kemanusiaan dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat di empat titik tersebut selesai, kemudian Kadinkes dan Tim kesehatan berkumpul di depan masjid agung Cianjur dan menutup kegiatan tersebut dengan doa, yang di pimpin langsung kepala dinas kesehatan kabupaten Bekasi dr.alamsyah. (Ics/Jiung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *