Ambyar Ratusan Warga Masyarakat Turun Gunung Bersihkan Sampah

  • Bagikan

MAGELANG || buserindonews.com -mediabuserindocom. Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke – 30, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Magelang, TNI- Polri dan masyarakat bersinergi melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan saluran drainase di Dusun Ngaran 2, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah Rabu, (23/3/2022).

“Kegiatan kerja bakti diikuti oleh DPUPR, Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Magelang. Balai Pengelolaan Jalan Provinsi Jawa Tengah , Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah (Balai PSDA Probolo), Camat Borobudur, Kades Borobudur, Polres Magelang, Polsek Borobudur, Koramil 19 Borobudur, PT. Taman Wisata Candi (TWC), Koordinator Wilayah Progohulu, Ketua GP3A Tangsi dan warga masyarakat Dusun Ngaran.

“Sebelum kerja bakti dimulai, terlebih dahulu dilakukan apel dan doa bersama, adapun sebagai pemimpin apel pagi Pelda Khoyin. Masyarakat antusias ikut melaksanakan kerja bakti mengingat tebalnya sedimentasi di saluran drainase tersebut sering meluap di jalan.

Menurut Plt Balai Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Dewa Puji mengatakan pembersihan sedimen merupakan salah satu bentuk usaha pemeliharaan drainase dengan mengangkut endapan tanah yang ada di saluran drainase .

“Beliau juga mengatakan bahwa walapun jalan atau drainase ini bukan Kewenangan Bina Marga Provinsi Jawa Tengah atau Dinas PU SDA Taru Jawa Tengah akan tetapi kami dari Dinas Vertikal selalu siap untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Hal tersebut guna memberikan pelayanan bagi masyarakat apa lagi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sering di kunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Tidak itu saja prasarana dan sarana Dum truk untuk pengangkutan sedimen maupun excavator juga sudah kami siapkan. Harapan Kaline Resik, Banyune Mili Petanine Mukti, kata Dewo.

“Di tempat yang sama Camat Borobudur Subiyanto S.H.M.M ketika memberikan statement oleh awak media menuturkan sedimen yang mengendap menyebabkan saluran mengalami pendangkalan atau berkurangnya kapasitas penampungan debit air, sehingga menyebabkan saluran drainase sering limpas ke jalan.ucapnya

Ia juga menambahkan pembersihan rutin dan penggalian sedimen sangat diperlukan agar kapasitas saluran drainase tetap normal atau tidak berkurang sehingga fungsi drainase tersebut tetap optimal terutama pada saat musim penghujan.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemeliharaan drainase dan memperlancar aliran drainase dengan mengatasi penyumbatan akibat sampah, tanaman liar, dan endapan sedimen. Terangnya.

Setelah selesai kegiatan ini, dalam waktu dekat akan kami adakan rapat dengan pihak terkait guna mencari solusi drainase menjadi kewengan siapa sebenarnya?

“Terlihat hadir dari awal kegiatan di mulai hingga akhir kegiatan Plt. Balai Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Dewo Puji beserta staf. GM.
Twc.Candi Borobudur Aryono beserta staf,Balai PSDA Probolo beserta staf,Babinsa dan Bhabinkamtibmas.Pungkas Subiyanto(Sumarno)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia