Dinas Kominfo Tanah Bumbu Susun Dokumen Analisis NTP 2021

  • Bagikan

Batulicin Tanbu KALSEL || buserindonews.com-Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu (Diskominfo Kab Tanbu) melalui Bidang Statistik dan Persandian tengah melakukan penyusunan dokumen analisis Nilai Tukar Petani (NTP) Tahun 2021. Saat ini penyusunan dokumen NTP sudah memasuki tahap akhir.

Kamis (16/12/2021), bertempat di Meeting Room Dinas Kominfo Tanbu digelar Ekspose NTP Tahun 2021 yang dihadiri oleh BPS Provinsi Kalimantan Selatan, BPS Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Bappeda, dan Bagian Perekonomian Setda Tanbu.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Tanbu, Ardiansyah, penyusunan dokumen analisis NTP Tahun 2021 kerjasama Dinas Kominfo dengan BPS Tanah Bumbu.

“Saat ini Tanbu sudah menerapkan Satu Data. Sehingga data yang dihasilkan tidak terjadi perbedaan antara Pemkab Tanbu dengan BPS,” ucap Ardiansyah.

Ditambahkan Ardiansyah, dokumen NTP ini disusun untuk memberikan data Nilai Tukar Petani sebagai salah satu indikator tingkat kesejahteraan petani di Tanah Bumbu.

“Harapannya dengan tersusunya NTP ini kesejahteraan petani lebih meningkat lagi,” kata Ardiansyah.

Sementara itu, Kepala BPS Tanbu, Rudy Nooryadi menambahkan cakupan subsektor NTP Kabupaten Tanah Bumbu dalam sektor pertanian yaitu tanaman pangan, tanaman perkebunan rakyat, dan perikanan tangkap.

“Tiga sektor pertanian itulah yang menjadi unggulan di Tanah Bumbu saat ini,” sebutnya.

Dalam hal penyusunan NTP Tanah Bumbu ini, Pemkab Tanbu dan BPS Tanbu melakukan konsultasi ke BPS Provinsi Kalsel terkait teknis penghitungan.

Kemudian melakukan penambahan sampel survey harga pedesaan, melakukan pendataan survey harga pedesaan, pemeriksaan dan pengolahan di BPS Kabupaten, perhitungan NTP 2021 oleh BPS, konsultasi ke BPS Pusat, dan kemudian dilakukan diseminasi dan ekspose NTP Tahun 2021.
( Edy S – BUSER indonesia )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia