Diskominfo SP Tanah Bumbu Selenggarakan Rapat Koordinasi SP4N ”LAPOR” Tata Kelola Pemerintahan

Tanah Bumbu KALSEL || buserindonews.com, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Rapat Koordinasi
bersama jajaran Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Bumbu di Kantor Diskominfo SP, Gunung Tinggi, Batulicin, Mengenai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) pada Kamis (25/05/2023).

Kegiatan ini merupakan upaya dari Diskominfo SP untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional berdasarkan peraturan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap pengaduan yang masuk dari masyarakat dapat ditangani dengan cepat dan responsif oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melalui Aplikasi E-lapor yang telah disediakan.

Pelaksana Harian Kepala Diskominfo SP, Akhmad Salehuddin, menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk memastikan bahwa pengaduan masyarakat dapat ditindaklanjuti dengan segera. Ia berharap agar para Admin E-Lapor di setiap SKPD menjadi lebih responsif dalam menanggapi setiap laporan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan adanya respons yang cepat dan efektif, masyarakat akan merasa lebih percaya dan yakin terhadap pemerintah daerah dalam menangani permasalahan yang mereka laporkan.

Sekretaris Diskominfo SP, Amad Subari, juga menjelaskan mengenai pentingnya layanan E-Lapor dalam kinerja SKPD. Layanan ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk melaporkan berbagai permasalahan yang terkait dengan pelayanan publik. Admin SKPD yang bertanggung jawab diharapkan dapat memahami dan menguasai penggunaan layanan E-Lapor melalui berbagai saluran komunikasi seperti nomor telepon, website, dan Twitter. Dengan adanya panduan ini, diharapkan setiap pengaduan masyarakat dapat ditangani dengan baik dan efisien.

Diskominfo SP juga berkomitmen untuk terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja SKPD dalam menanggapi pengaduan melalui E-Lapor. Dalam upaya peningkatan pelayanan publik, Diskominfo SP akan memberikan pembinaan dan pelatihan kepada Admin SKPD agar mereka dapat lebih mengoptimalkan penggunaan layanan E-Lapor.

Dengan adanya Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), diharapkan terjadi perbaikan yang signifikan dalam penanganan pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Tanah Bumbu. Melalui partisipasi aktif masyarakat dan komitmen dari Diskominfo SP dan SKPD, tata kelola pemerintahan yang akuntabel, responsif, dan terpercaya dapat terwujud.
( Edy : BUSER INDONESIA-Tim Media ).

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *