Jelang Nataru DKPP Tanbu Rakor Kebutuhan Bahan pokok dan Kesedian Pangan

Tanah Bumbu KALSEL || buserindonews.com, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar acara Persiapan Ketersediaan dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru, kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bidang Ketahanan Pangan DKPP Tanah Bumbu (Tanbu), Sabtu (10/08/2022).

Kepala DKPP Tanbu, yang diwakili Sekretaris Dinas, Lamijan berterimakasih kepada seluruh peserta sudah berhadir dalam kegiatan ini.

“Kegiatan yang dilaksanakan (08/12/22) bertujuan melihat dan mengidentifikasi ketersedian stok dan harga barang kebutuhan pokok, serta menghindari daerah dalam kekurangan bahan pokok,” ungkapnya.

Distribusi yang kurang lancar saat menjelang Natal dan Tahun Baru yang dapat menyebabkan kelonjakan harga bahan pokok khususnya beras. Jika membandingkan data ketersediaan beras dengan jumlah kebutuhan konsumsi di Tanbu, diperkirakan stok beras masih tercukupi hingga akhir tahun 2022.

“Tetapi di beberapa daerah di Tanah Bumbu masih terjadi kenaikan harga yang diduga terjadi kenaikan inflasi, hal ini tentunya dapat berdampak kepada bahan pokok yang lain,” ujarnya.

Saat ini Pemkab Tanbu terus berupaya mejaga kondisi perekonomian akibat infalsi, dan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk berkolaborasi mengembalikan serta menstabilkan perkonomian di Bumi Bersujud.

Dalam rangka menstabilkan ketersedian harga barang kebutuhan pokok menjelang HBKN kiranya perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi pemantauan pengawalan untuk ketersedian pangan masyarakat dengan sinergi sesuai peran masing-masing.

Ia mengharapkan tercapainya ketersedian dan kestabilan harga barang kebutuhan pokok yang optimal.

“Kami semua sangat berharap dengan adanya kegiatan ini semua peserta dapat berdiskusi sehingga dapat memberikan solusi dan antisipasi permasalahan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan HBKN,” ucapnya.

Tak lupa, Lamijan juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terkait yang telah berperan dalam, sehingga masyarakat di Tanbu dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau.
( Edy : BUSER INDONESIA )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buser Indonesia,- www.buserindonews.com