Harga Beras Di Aceh Barat Mencapai 200 Ribu

Aceh Barat || buserindonews.com – Harga beras di Kabupaten Aceh Barat dalam Beberapa pekan terakhir mengalami kenaikan harga. seperti yang di ungkapkan oleh Amiruddin, salah seorang pedagang beras di komplek pasar bina usaha kota Meulaboh, Ia menyebutkan bahwa kenaikan harga beras terus meningkat hingga mencapai 200 Ribu dalam per sak.Kamis,(07/09/2023)

Biasanya pedagang menjual beras berjenis premium dengan harga 180 ribu dalam persak kini naik menjadi 190 hingga 195 ribu atau mengalami kenaikan harga hingga 10 sampai 15 ribu rupiah.

Terkait kenaikan harga beras tersebut Owner Rumah Tani Amir atau RTA Aceh Barat, Amiruddin, ST mengungkapkan hal ini di akibatkan para petani mengalami gagal panen akibat dari badai elnino seperti di Aceh Barat lebih kurang dari Sepuluh ribu seratus lima puluh hektar sawah di wilayah tersebut yang hanya ditanami padi sekitar 200 Hektar sawah yang diakibatkan sejumlah sawah di beberapa wilayah mengalami kekurangan air akibat dari badai elnino tersebut.

Menanggapi persoalan ini Amirudin berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Barat agar menyediakan pompanisasi sibel sebagai upaya pemerataan air sawah di wilayah pertanian di Aceh Barat seperti yang telah dilakukan oleh RTA di beberapa wilayah yang dapat menghasilkan pemanenan tiga kali dalam setahun hal ini jika dikembangkan dengan serius oleh Pemerintah menurutnya dapat menstabilkan angka kenaikan harga beras di Aceh Barat khusunya dengan terpenuhi hasil panen gabah dari para petani di wilayah tersebut.

Ia juga berharap menanggapi persoalan tersebut pemerintah nantinya dapat merealisasikan apa yang menjadi kendala para petani di Aceh Ujarnya. ( Iskandar )

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *