Ikatan Sarjana Metalurgi Indonesia : Tak Dilirik Tapi Sangat Dibutuhkan

  • Bagikan

Buserindonews.com

Bogor || 19 Oktober 2021

DPP Ikatan Sarjana Metalurgi Indonesia
BPH DPP ISMI

Oleh : Ika Irawati,ST Ketua Umum ISMI Sekaligus sekjend  DPP MLN-MC3 & LP3RI

Teknik Metalurgi, Metalurgi berasal dari Bahasa Yunani, Metallougos.
Bagi para ahli kimia, nama tersebut mengacu pada proses ekstraksi logam dari mineral.

Pada perkembangannya dimasa sekarang, Metalurgi tak hanya berkaitan dengan ekstraksi logam, namun juga tentang produksi logam – pengerjaan dan pengolahannya ditujukan untuk memperoleh logam yang berguna.

Ika Irawati. ST Ketua sekaligus Sekjen DPP LP3RI
Ika Irawati. ST Ketua ISMI Sekaligus Sekjen  DPP MLN – MC3  & LP3RI

Teknik Metalurgi sendiri merupakan bidang ilmu keteknikan atau rekayasa yang mendalami tentang proses pengolahan mineral, proses ekstraksi dan pembuatan paduan logam, proses penguatan logam, hubungan sifat mekanik logam dengan strukturnya, serta degradasi logam.
Pada intinya, mempelajari Teknik Metalurgi berarti mempelajari sifat-sifat kimia didalam logam.

Jurusan Teknik Metalurgi di Perguruan Tinggi Teknik Metalurgi merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik yang tak terlalu populer, apalagi bila dibandingkan dengan Teknik Informatika, Teknik Komputer, atau jurusan-jurusan teknik lain dibidang teknologi.

Tapi biarpun kurang populer, bukan berarti Teknik Metalurgi susah ditemukan. Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Jenderal Achmad Yani adalah beberapa perguruan tinggi dengan Jurusan Teknik Metalurgi yang bisa kita jajaki potensinya sebagai pilihan kampus dikemudian hari.

Perlu diketahui, terkadang Teknik Metalurgi digabungkan dengan Teknik Material menjadi satu jurusan, seperti di Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Tergantung pada kebijakan perguruan tingginya masing-masing, bisa jadi keduanya terpisah pada dua jurusan berbeda, misalnya pada Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan di Institut Teknologi Bandung.

Teknik Material sendiri membahas tentang sifat-sifat material, hubungan antara struktur dan sifat material, dan desain material untuk tujuan tertentu. Material disini berarti bahan yang bisa berupa logam, keramik, plastik, atau komposit.

Metalurgi, Kegunaan dan Manfaatnya Mungkin kita bertanya-tanya, jika Teknik Metalurgi tak terlalu populer, apakah lulusannya juga kurang populer dibursa kerja?

Khusus untuk Metalurgi, situasinya tak sesederhana ini. Pada satu sisi, tak banyak orang yang bisa menguasai bidang Metalurgi dengan mudah.
Disisi lain, dunia industri seperti otomotif, elektronik, pertambangan, penerbangan, transportasi, semen, hingga pupuk sekalipun membutuhkan keahlian yang spesifik dibidang Metalurgi.
Freeport, Aneka Tambang, Newmont Nusa Tenggara, Kaltim Prima Coal, Berau Coal, Smelting, Inalum, Krakatau Steel, Alumindo, Pindad, Pertamina, hingga Litbang

Contoh Metalurgi LIPI adalah nama besar Lembaga Penelitian yang membutuhkan Insinyur Metalurgi.

Menjadi jelas sekarang pengetahuan kita tentang Teknik Metalurgi.
Metalurgi ya, bukan Meteorologi.atau Disiplin Ilmu Tekhnik Seperti Komputer dan lain lainnya

Metalurgi Hadir dan Harus Ada bahkan Menjadi Man Power Utama Dalam Semua Industri Logam Di Seluruh Duni
Termasuk Proses Industri Penambangan Logam Mulia dan Proses Industrinya Itu Sendiri

Metalurgi Memang Gak Boleh cuma Dilirik, Tapi memang Diperlukan Dalam Pembangunan Ekonomi Di banyak Bidang. (Ics)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia