Beranda Daerah Keraton Sumedang Larang Gandeng Patriot Desa Jabar Geliatkan Sejarah

Keraton Sumedang Larang Gandeng Patriot Desa Jabar Geliatkan Sejarah

 

 

Sumedang, BI Dalam rangka pengenalan kebudayaan dan sejarah tentang Kasumedangan, pihak Keraton Sumedang Larang Kab. Sumedang, membimbing para milenial pemberdaya desa yang tergabung dalam Patriot Desa Jawa barat.

Kegiatan tersebut digagas Kamantren Bagala Asih Panyipuhan dan dibimbing langsung Rd. Asep Sulaeman F Adiwinata selaku humas dari pihak keraton.. Terpantau, para Patriot Desa tampak antusias menyimak materi yang disampaikan.

Kurangnya antusias dari generasi milenial mengenai literasi sejarah kebudayaan khususnya di Sumedang, harus segera diperbaiki dengan kegiatan-kegiatan pelestarian yang langsung menyentuh akar rumput yaitu desa,” katanya, Rabu 19 Agustus 2020.

Dikatakan, Patriot Desa merupakan sebuah solusi agar pemuda paham soal pelestarian budaya dan sejarah.

Diharapkan bisa mengkomunikasikan terkait pentingnya melestarikan budaya dan sejarah Kasumedangan.

Pimpinan Kamantren Bagala Asih Panyipuhan, Arika Tarda mengatakan, sebagai kamantren yang bertugas untuk pendidikan dan pemberdayaan kebudayaan di Keraton Sumedang Larang mengajak generasi milenial khususnya di Kab. Sumedang untuk turun serta aktif melestarikan budaya.

Akan banyak hal yang bisa diangkat apabila kebudayaan Sumedang lestari kembali. Salah satunya potensi pariwisata berbasis kebudayaan,” tuturnya.Disampaikan, bisa mengambil contoh Bali dan Yogjakarta yang terkenal lewat pariwisata berbasis kebudayaannya.

Bukan tidak mungkin Kab. Sumedang pun bisa selavel mereka dalam hal pariwisata berbasis kebudayaan. Karena Sumedang memiliki warisan budaya dan sejarah yang luar biasa jika dilestarikan bersama-sama,” ujarnya.

Koordinator Wilayah Patriot Desa Kab. Sumedang, Asti Sundari mengaku siap membantu dalam melestarikan kebudayaan dan sejarah tentang Kasumedangan.

Kita siap berkolaborasi dengan berbagai sektor untuk membangun desa-desa di Kab Sumedang. Salah satunya melestarikan kebudayaan ini,” ucap dia.

Menurutnya, mohon bantuan dan bimbingan dari semua pihak agar kegiatannya berjalan lancar. (JAY/IKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Team Media Konsultasi Kepada Ketua Peradi, Terkait Dugaan Arogansi Oknum Dewan

  Kebumen || buserindonews - Merasa diperlakukan tidak pada tempatnya, Team media mendatangi Ketua PERADI Kebumen Dr,H Teguh Purnomo SH, M.Hum,MKn di Gedung Putih Kebumen....

Kapolda Berrsama Kasdam ll Sriwijaya Dampingi Gubernur Kunjungan Kerja di Kabupaten OKI

  Kayu Agung (OKI) Sumsel || buserindonews - Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto,MH Bersama Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E.,...

Mutasi Pejabat di Lingkungan Polres Banjar, Kapolres Pimpin Upacara Sertijab

  Polres Banjar || buserindonews - Sebanyak 6 Perwira Polres Banjar mendapat promosi jabatan dalam ucapara serah terima jabatan (jabatan) yang dipimpin langsung oleh Kapolres...

Kejari Kabupaten Bekasi Selidiki Dugaan KKN Di  Dinas Perdagangan

Buserindonews.com Kabupaten Bekasi - Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) meminta Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi agar transparan atas informasi atau laporan LAMI terkait surat Nomor: 048/B/Informasi/LAMI/V/2021...

Recent Comments