Daerah  

Manfaatkan Lahan Kosong, Lapas Kelas IIA Karawang Panen Sayuran Caisim


Karawang BI-Lapas/Rutan sebagai tempat pembinaan banyak mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Sangat berbeda jauh dengan sistem kepenjaraan zaman dahulu dimana pada saat itu efek jera sangat ditekankan kepada para narapidana sedangkan saat ini pada sistem Pemasyarakatan, fokus terhadap pelayanan serta pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Minggu (09/08/20).

Pembinaan yang diberikan sebagai salah satu tujuan utama Pemasyarakatan guna mempersiapkan para WBP disaat bebas nanti memiliki keahlian dan terampil serta produktif sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri. Ini salah satu keberhasilan para petugas dalam memberikan pembinaan kepada para WBP baik yang ada di Lapas/Rutan misalnya dalam kegiatan pertanian dan perkebunan, seperti yang di lakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang.


Baru-baru ini Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang bersama laskar ketahanan pangan lakukan panen Caisim dari hasil bercocok tanam WBP Lapas.

Keberhasilan Lapas Kelas IIA Karawang dalam memanfaatkan lahan sisi kanan kamar hunian dan area branggang/kosong yang dimiliki untuk bercocok tanam dan berkebun sayur-sayuran tidak lepas dari dukungan dari Kalapas beserta jajarannya.

Kalapas, Lenggono mengatakan dengan didikan dari petugas yang mempunyai pengalaman khusus dibidangnya ditambah dengan kegigihan para WBP yang ingin belajar serta ditambah beberapa yang sudah punya keahlian bersama-sama menjadikan lahan Lapas menjadi hijau dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

“Kegiatan berkebun ini untuk mengisi kegiatan kerja WBP , Jika panen kan bisa dimanfaatkan, hasilnya bisa dinikmati para WBP dan juga petugas sendiri dan bisa juga dijual kepada pihak ketiga yang siap menerima hasil kebun tersebut,” ujar Kalapas.( Nung )

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *