PAMA Persada Aria Gelar Pelatihan Tangap Bencana Api Pada PMR Wira SMAN 1 Satui

Tanah Bumbu KALSEL || buserindonews.com,

PENDIDIKAN – Pada tanggal 5 februari 2024 telah menjadi duka yang mendalam bagi kita semua, dimana telah terjadi kebakaran yang menghanguskan 21 rumah di 2 desa di Kecamatan Satui. Hasil investigasi menunjukkan bahwa pemacu kebakaran terjadi adalah kelalaian saat memasak sehingga api membakar rumah yang berdinding dari kayu. Tidak ada yang tau kapan dan dimana musibah akan terjadi. Pada kondisi ini, kewajiban kita adalah melakukan tindakan pencegahan dan mengetahui tindakan pertama jika ada terjadi kobaran api yang tidak terkendali.

Musibah kebakaran sendiri berpotensi terjadi dimanapun selama terdapat 3 unsur pemicu adanya api yakni oksigen, bahan bakar dan panas. Mengingat betapa pentingnya pembelajaran terkait api.

Pamapersada Nusantara Distrik Aria bekerja sama dengan SMAN 1 Satui dalam membina PMR Wira untuk memahami bagaimana kebakaran terjadi dan cara yang tepat dalam penanganannya.

Pada tanggal 6 Maret 2024, Pamapersada Nusantara Distrik Aria menggelar pelatihan tersebut di lokasi sekolah SMAN 1 Satui, para perserta PMR Wira diberikan modal materi terkait penangan yang tepat pada api dan diberikan kesempatan untuk langsung memperaktikan nya. Dalam pelatihan ini, sebelum memadamkan api, peserta harus menggunakan APD lengkap, lalu mulai memadamkan api dengan dua cara, yakni di tutup dengan kain basah dan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Ibu Raudah selaku pembina PMR Wira sekaligus guru di SMAN 1 Satui berpesan “Kolaborasi seperti ini sangat kami harapkan, kami berterimakasih kepada PT Pamapersada Nusantara Distrik ARIA yang telah memberikan materi sekaligus praktik yang sangat berharga ini, kami berharap agar kolaborasi seperti ini tetap di teruskan berlanjut dengan materi-materi bencana lainnya”.

Bapak Faris F.P selaku officer CSR PT Pamapersada Nusantara Distrik ARIA menyampaikan “kami sangat bangga dengan acara ini. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi ruang untuk para siswa agar mendapatkan pelatihan, terutama untuk siswa-siswa yang memiliki jiwa kemanusiaan yang besar seperti PMR wira SMAN 1 Satui. Tentunya garda depan kemanusiaan ini harus di perkuat dengan bekal pengetahuan dan wawasan yang mumpuni”.

Adapun SMAN 1 Satui ini juga merupakan sekolah binaan PT Pamapersada Nusantara Distrik Aria yang terus berkolaborasi dalam program pendidikan dan lingkungan untuk terus menciptakan prestasi.

( Edy : BUSER INDONESIA-Tim Media )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *