Daerah  

Pedagang Dan Pembeli Abaikan Protokol Kesehatan Di Pasar Tradisional Parakanmuncang, Cimanggung Rentan Penularan COVID-19

 

 

CIMANGGUNG, BI. – Pasar tradisonal Parakanmuncang di Kecamatan Cimanggung Sumedang, sangat rentan penularan virus corona atau Covid-19. Hal ini karena banyak pedagang maupun pembeli yang mengabaikan protokol kesehatan sesuai Himbauan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona. Rabu 19/8 2020.

Adapun protokol kesehatan yang belum maksimal dilaksanakan para pedagang, antara lain mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak atau physical distancing dan tidak berkerumun atau berkumpul dengan banyak orang.

Hal ini tampaknya belum berlaku di pasar tradisional Parakanmuncang Kecamatan Cimanggung. Kondisi ini terlihat di Pasar Parakanmuncang. Para pedagang banyak tidak menerapkan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker dan physical distancing benar-benar diabaikan.

Para pedagang di pasar tradisional itu, ini terkesan menganggap sepele wabah virus corona. Mereka santai saja dalam melayani pembeli tanpa memakai masker dan tidak menjaga jarak, serta tidak membiasakan mencuci tangan setelah melakukan transaksi dengan konsumen sesuai imbauan pemerintah agar tidak terjangkit Covid-19.

Padahal, Dinkes dan Tim Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumedang, telah berulangkali mengimbau para pedagang di pasar setempat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Namun, imbauan ini tidak digubris dengan baik oleh pedagang. Buktinya, masih banyak pedagang tidak menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

Payah Pak, mereka menganggap enteng Covid-19. Buktinya, masih banyak tidak memakai masker dan jaga jarak. Padahal, pemerintah sudah membagikan masker kepada pedagang dan mengimbau agar mematuhi protokol kesehatan,” kata
warga sekitar pasar yang enggan di sebut namanya.

Untuk mengantisipasi pedagang Pasar Parakanmuncang terjangkit virus corona pihak Dinkes Kabupaten Sumedang, telah melakukan swab test dari 50 yang disiapkan petugas, hanya 38 yang sudah test dan sebagian pedagang tidak mengikutinya beberapa bulan lalu.

Keberhasilan mengatasi wabah Covid-19 hanya dapat dilakukan jika masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai imbuan pemerintah. Karena itu, seluruh elemen masyarakat, wajib menjalankan protokol kesehatan jika ingin terhindar dari terjangkit virus corona. (JAY)

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *