Daerah  

PEMILIHAN RT DAN RW DIDESA CIBOGOGIRANG DITENGAH WABAH COVID-19 BERLANGSUNG CUKUP DEMOKRATIS.

Purwakarta, Buser Indonesia – Dimasa kepemimpinan PJS dari Distrik Kec. Plered Kab.Purwakarta Jabar yang di pimpin oleh putra Daerah Kades PJS Suryana membuat gebrakan dengan mengadakan Pemilihan RT.15 dan RW.06 secara langsung. Adapun dari hasil comfirmasi yang kami dapatkan bahwa Pemilihan ini sebagai bukti dari menjalankan amanah Undang-Undang bahwa RT dan RW harus dipilih langsung oleh masyarakat dan bukan hak preogratif Kepala Desa.

Oleh karena itu perlu dibentuk Panitia. Dalam mekanisme saat kami confirmasi sebelum penghitungan suara pada kades Cibogogirang (Suryana), Minggu. (10/05/2020) menyampaikan ” Mekanismenya setelah dibentuk kepanitiaan maka secara terbuka panitia memberikan kesempatan pada warga yang ingin mencalonkan diri sebagai balon, setelah melalui tahapan seleksi Panitia mengumukan calon tetap dan dibulikasiakan melalui pamlet di tempat strategis diwilayah tersebut” tuturnya.

Kemudian Suryana  juga menyampaikan bahwa bahwa hak pilih hanya 1 orang dari 1 Keluarga, dengan kata lain hanya kepala keluarga atau kalau berhalangan bisa diwakilkan pada istri/anaknya yang sudah menenuhi syarat.

Teknis lainnya mengingat adanya wabah covid-19, maka panitia dan linmas serta para saksi dari masing masing calon untuk pemungutan suara hak pilih cukup didatangi dengan membawa surat suara dan kotaknya, setelah selesai baru dilaksanakan penghitungan suara disuatu tempat yang sudah di persiapkan sebelumnnya dan untuk menghidari hal hal yang tidak diinginkan Panitia, linmas dan saksi diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak sesuai anjuran gugus tugas.

Kami red sempat mengikuti kegiatan ini sampai tuntas dan berjalan dengan aman tanpa kendala. Adapun dari 3 Kandidat calon Ketua RT.15 Nomor 2 atas nama H. Umid Sukendar memenangkan perolehan suara hampir 60%, untuk Ketua RW.06 dari 4 Kandidat calon dimenangkan oleh srikandi atas nama Ely Nurlelah dengan perolehan suara mencapai 60% suara dari jumlah hak pilih.

Atas nama Panitia Enjang Hasan Basri menyampaikan. ” Semoga pemilihan ini menjadi contoh yang baik sebagai pemilu setingkat RT dan RW yang demokratis, dan pada Ketua terpilih baik RT maupun RW dapat menjalakan amanah ini dengan baik” tuturnya. (Saepul Bahri)

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *