Daerah  

Pilkades 2021 di Purwakarta, Anggaran Rp 20,4 Miliar, Calon Maksimal 5

Purwakarta | Buserindonews – Pemilihan kepala desa ( Pilkades )di Purwakarta digelar pada 25 Agustus 2021. Sebanyak 170 desa dari 180 desa di Kabupaten Purwakarta yang akan berpartisipasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Purwakarta, Jaya Pranolo, mengatakan saat ini Pilkades sudah masuk pada tahapan pendataan daftar pemilih sementara (DPS).

Inventarisasi DPS merujuk pada data Pilpres 2019. Alhamdulillah sedang berlangsung,” ujarnya, Selasa (13/4/2021) di Purwakarta.

Jaya juga menyebut bahwa anggaran untuk penyelenggaraan Pilkades ini totalnya mencapai Rp 20,4 miliar, dengan Rp 18,4 miliar bersumber APBD dan Rp 2 miliar dari dana desa.

Kalau yang Rp 2 miliar itu khusus untuk biayai kepentingan protokol kesehatan saat pemilihan karena saat ini kan masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” kata Jaya Pranolo.

Ketika ditanyakan soal pendaftaran calon, Jaya Pranolo menyebut akan dilakukan pada Juni 2021 dan minimal setiap desa punya dua calon dan maksimal lima calon.

Ketika di satu desa memiliki lebih dari lima bakal calon (balon), pemerintah akan menggandeng akademisi guna penyeleksian balon.

Kami akan libatkan perguruan tinggi untuk seleksi balon apabila ada di satu desa pendaftarnya lebih dari lima orang,” kata Jaya Pranolo. (Dedi.H)

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *