Rakernas LAKI ke XVI Tahun 2023, Evaluasi Kinerja APH dalam Pemberantasan Korupsi

Ketua Umum LAKI, Burhanudin Abdullah bersama Nara sumber dan peserta Rakernas LAKI ke XVI tahun 2023 di asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

BUSER INDONESIA || Jakarta ~ Sebagai upaya dalam membantu  APH dalam pemberantasan korupsi perlu kiranya melakukan evaluasi terhadap kinerja pengurus seluruh Indonesia, Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), melalui gelar Rapat Kerja Nasional (Raker) ke XVI dengan tema “Peningkatan dan Penguatan Wawasan Investigasi Menuju Profesionalisme SDM LAKI”.

Para peserta perwakilan se-Indonesia pada Rakernas LAKI ke XVI di Asrama Haji Jaktim

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) ke XVI tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 22 s.d 24 Agustus 2023 di asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, secara resmi dibuka Staf Dirjen Kemendagri Hartono, SH, pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Ketua Umum LAKI, Burhanudin Abdullah memberikan cinderamata buku perjalanan Ormas LAKI kepada Staf Dirjen Kemdagri Hartono, pada Pembukaan Rakernas LAKI ke XVI tahun 2023 di asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur. Foto: marupek

Ketua Umum LAKI Burhanudin Abdullah, SH, mengatakan Rakernas ini adalah kegiatan dan program rutin yang digelar setiap tahunnya oleh DPP LAKI.

Ketua DPD LAKI Jabar Anwar, S.Pd ( paling kanan)

Adapun tujuan digelarnya Rakernas LAKI ini, ungkap Burhanudin, yang pertama secara internal untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pengurus LAKI seluruh Indonesia.

Nandang Saepuloh (tengah,) Ketua DPC LAKI Kabupaten Purwakarta

Kedua, LAKI juga melakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintah dan kinerja aparat penegak hukum tentu dalam rangka pemberantasan dan pencegahan korupsi di Indonesia.

Susunan acara pada kegiatan Rakernas LAKI ke XVI

“Hari ini berkumpul pasukan-pasukan LAKI seluruh Indonesia, mulai ketua dan sekretaris tingkat DPD dan DPC kabupaten dan kota, yang tujuan utama kita membantu program pemerintah dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi, agar kita bisa mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi,” ujarnya.

Adapun yang menjadi agenda dalam Rakernas LAKI ke XVI ini, kata Burhanudin, yakni pertama membahas dan melakukan evaluasi terhadap organisasi secara internal, yang kedua membahas evaluasi terhadap kinerja pemerintah, sedangkan yang ketiga juga membahas evaluasi terhadap kinerja aparat penegak hukum.

“Arah dan tujuannya yaitu pemberantasan dan pencegahan korupsi,” tegas Burhanudin Abdullah.

Burhanudin Abdullah juga mengungkapkan bahwa Rakernas LAKI kali ke XVI ini sangat berbeda dengan kegiatan Rakernas sebelumnya.

Dimana Rakernas LAKI ke XVI ini, lanjut Burhanudin, di warnai bergabungnya beberapa artis dan sinetron, kemudian terbentuknya sekaligus pelantikan 10 Organisasi Sayap LAKI.

“Tentu menjadi kebahagian dan kebanggaan saya sebagai Ketua Umum yang tentu mereka melihat peran dan keberadaan LAKI dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak di ragukan,” ujarnya.

Pada pembukaan Rakernas LAKI ke XVI juga dilaksanakan pelantikan 10 organisasi sayap LAKI , yakni:

1. LBH PTKI

2. LBH PERTANAHAN

3. RELAWAN LAKI

4. LAKI LAWYER CLUB

5.TANI NELAYAN DAN BURUH ANTI KORUPSI

6.GARDA PEDULI PEMULUNG ANTI KORUPSI

7.IKATAN CENDIKIAWAN ANTI KORUPSI

8. PEREMPUAN ANTI KORUPSI

9. MAHASISWA GEMPUR KORUPSI

10.LEADER ANTI KORUPSI MUDA INDONESIA.

Diakhir pelantikan Ormas Sayap LAKI, Burhanudin berharap dari Rakernas tahun 2023 ini akan melahirkan buah pikiran anak bangsa yang bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia, dan mampu memperkecil ruang gerak koruptor untuk tidak melakukan Korupsi demi terwujudnya Indonesia yang bebas korupsi.  ( Saepul  Bahri, S.Ag ~ Nandang Saepulloh )***

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *