Satpolair Polres Purwakarta Gelar Vaksinsi di Tengah Waduk Jatiluhur

  • Bagikan

PURWAKARTA || BIN – Kejar target vaksin Covid, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta membuat terobosan baru untuk mempercepat vaksinasi. Seperti yang dilakukan Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Purwakarta yang membuka layanan vaksinasi di bagi para nelayan dan masyarakat pesisir Waduk Jatiluhur.

Kali ini, terobosan vaksinasi tersebut cukup unik, karena dilakukan di tengah waduk Jatiluhur, tepatnya di Keramba Jaring Apung (KJA).

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kasatpolair, AKP Jajang Sukandar, menjelaskan bahwa vaksinasi di tengah Waduk Jatiluhur ini bertujuan agar para nelayan dapat menerima vaksin tanpa perlu merapat ke darat atau pelabuhan.

“Vaksinasi door to door di KJA Waduk Jatiluhur ini dilakukan untuk memudahkan para nelayan yang kesulitan untuk mendapatkan waktu dan akses vaksinasi covid-19. sebagaimana arahan dari Bapak Kapolda Jabar, Bapak Kapolres Purwakarta dan Direktorat Polairud Jawa Barat,” ucap Jajang, saat ditemui usai kegiatan tersebut, pada Kamis, 17 Maret 2022.

Ia menyebut, Kegiatan ini juga merupakan komitmen Polri dalam membantu pemerintah Indonesia mencapai target vaksinasi secara nasional. Dalam hal ini menyasar masyarakat masyarakat di perairan waduk Jatiluhur.

“Pemberian vaksinasi tersebut diharapkan, dapat membantu mempercepat terbentuknya kekebalan imunitas kepada para nelayan, di masa pandemi covid-19 ini,” jelasnya.

Dari gerai vaksin di tengah Waduk Jatiluhur ini, kata Jajang, sebanyak 50 masyarakat disuntik vaksin Sinovac dan astrazeneca dari tim kesehatan Polres Purwakarta.

Selain door to door ke KJA Waduk Jatiluhur, sambung dia, vaksinasi juga di gelar di atas kapal milik Satuan Polair Polres Purwakarta.

“Mengingat minimnya edukasi dan keterbatasan waktu para nelayan ataupun penjaga KJA ini untuk bisa mengikuti vaksinasi, maka kita yang langsung turun jemput bola dengan menemui Meraka untuk bersedia divaksin. Alhamdulilah, setelah diberikan pemahaman, mereka bersedia untuk divaksin,” ucap Jajang.

Jajang menghimbau agar seluruh masyarakat bersedia ikut vaksinasi dalam mendukung percepatan pengendalian penyebaran COVID-19 di Kabupaten Purwakarta, khususnya di wilayah waduk Jatiluhur.

“Pesan kami, ayo kita semua divaksin agar membentuk kekebalan tubuh, sehingga dapat memutus mata rantai penularan COVID-19. Vaksin ini aman dan halal, jadi jangan ragu untuk divaksin,” ajak AKP Jajang Sukandar.

Usai divaksin, para nelayan tersebut diberi bantuan paket sembako oleh kepolisian, untuk membantu meringankan kebutuhan di masa pandemi covid19 saat ini.

Salah seorang penjaga KJA Waduk Jatiluhur, Fahri Husaeni (31) Warga Desa Selaawi, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta mengaku berterima kasih kepada petugas kepolisian khususnya Satpolair Polres Purwakarta yang terjun langsung ke laut kepada nelayan untuk bisa mengikuti vaksinasi.

“Selama ini kami terkendala untuk bisa ikut vaksin, karena keterbatasan waktu. Setiap hari kami berjaga di KJA ini, ya kami sangat berterimakasih kepada Pak Kapolres Purwakarta dan Pak Kasatpolair,” ucap Fahri divaksin. (*SB/DH)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia