Suasana sakral dan khidmat terasa dalam upacara HUT ke-77 Satgas Yonif 123/Rajawali bersama Masyarakat Suku Kanum Papua

Merauke || buserindonews.com – Tampak dengan jelas, suasana sakral dan khidmat terasa dalam upacara HUT Kemerdekaan RI yang diselenggarakan secara sederhana oleh Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali bekerjasama dengan Badan Pengelolaan Peerbatasan Daerah (BPPD) merauke dan masyarakat suku kanum Dusun Yakyu, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (17/8/2022).

Dalam upacara tersebut, petugas pengibar bendera Merah Putih adalah warga Kampung Yakyu dan Masyarakat suku Kanum dengan menggunakan baju adat khas Papua yakni ‘Cawat’ termasuk Danpos Satgas Rajawali, para tokoh masyarakat kampung yang menghadiri upacara tersebut. Mereka mengenakan baju Cawat dan ada juga yang membawa panah tradisional sebagai simbol kegembiraan dalam perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Bapak Elias Mite yang dalam sambutannya menyampaikan ajakan untuk sama-sama meningkatkan rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), salah satunya adalah dengan melaksanakan upacara bendera seperti yang dilakukan hari ini.

“Terimakasih banyak kepada Bapa, Mama dan adik-adik masyarakat Suku Kanum Dusun Yakyu yang telah hadir dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” ucapnya.

“Kami bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW adalah keluarga di kampung ini, oleh karena itu mari kita semua bersatu padu dan kita bangun bersama-sama Kampung Yakyu yang kita cintai ini,” ujarnya.

Danpos Yakyu Letda Inf D. Manullang usai Upacara mengatakan bahwa Prajurit Satgas Yonif 123/RW berterima kasih atas antusias masyarakat suku kanum yang memeriahkan kegiatan hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan Upacara dan Perlombaan.

“Kita sangat Berterima kasih atas kerjasama ini dan antusias masyarakat dalam memeriahkan kemerdekaan. Selain Upacara kita juga mengadakan berbagai perlombaan sebagai rasa syukur dalam Persatuan dan kesatuan dalam bingkai Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77”. Ucap Danpos Yakyu

Sementara itu, Kepala Adat Kampung Yakyu Bapa Dominggus Ngaru Maywa sangat antusias menyambut kegiatan upacara yang digelar oleh Prajurit Pamtas Yonif 123/RW khususnya yang berada di Pos Yakyu.

“Saya selaku Kepala Adat di kampung ini sangat berterimakasih kepada Bapak-Bapak TNI yang telah menggelar upacara ini, semua yang hadir di sini cinta Indonesia,” kata Kepala Adat.(Marjuki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia,- www.buserindonews.com