Dinas Budaya dan Pariwisata Kab Garut Membentuk Tim Kajian Ikon

  • Bagikan

Garut || Buser Indonesia – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut membentuk Tim Kajian Ikon Garut. Hal ini perlu dilakukan karena hingga kini Kabupaten Garutmemiliki lebih dari satu ikon.

Sekretaris Disparbud Kabupaten Garut, Ma’mun, mengatakan, pihaknya kini secara intensif melakukan komunikasi, termasuk membentuk Tim Kajian Ikon Garut, yang di dalamnya terdapat sejumlah pakar, pemerhati untuk mengkaji objek yang dapat menjadi ikon Kabupaten Garut.

Ia menerangkan, ikon ini merupakan suatu tanda yang mirip atau memiliki ciri-ciri yang sama dengan objek yang diwakilinya.

Bila ikon khas Garut disepakati, ini akan menjadi daya tarik utama,” ujar Ma’mun, di sela-sela Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan perwakilan komunitas, budayawan, akademisi, dan pengusaha di Kantor DisparbudGarut, Kamis, 10 Maret 2022.

Adapun dalam pendekatan arsitektual dan seni, ikon Garut juga merupakan sebuah bentuk yang dibangun menyerupai sesuatu dan bermanfaat untuk menyampaikan pesan atau mencerminkan karakter suatu masyarakat baik itu dari segi budaya, tatanan sosial, sejarah, atau bahkan dapat mencerminkan suatu harapan ke masa yang akan datang.

Menurut Ma’mun, dari diskusi itu, banyak diperoleh masukkan, serta inventarisasi untuk mencari kandidat ikon Kabupaten Garut yang kini dilakukan tim perumus.

Hasil diskusi akan menjadi masukan berharga bagi tim perumus. Ma’mun menyebutkan,Garut memang memiliki beberapa ikonik yang dilatar belakangi oleh sejarah yang sangat menarik.

Penggunaan setiap ikon tersebut tentunya harus dibangun dengan penuh kesadaran, pemahaman, dan penghayatan yang tinggi, sehingga jika dikaji lebih dalam, ikon-ikon tersebut mengandung makna tersirat yang luar biasa dan melambangkan keadaan masyarakat Garut itu sendiri.

Reporte/yosep (Buser Indonesia)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia