Bupati Tanbu Zairullah Azhar Resmi Membuka Acara Pesta Pantai Mappanretasi dan Pameran Expo 2023

Tanah Bumbu KALSEL || buserindonews.com, Acara Pesta Pantai Mappanretasi dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran serta Tarian Baharap Barakat” dari Sanggar Seni Baruna Bantala Binaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Parawisata (Disbudporpar)Tanah Bumbu di tampilkan untuk mewarnai event pesta adat budaya “Mappanretasi” di alun-alun kawasan Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Sabtu (20/5/2023).

Event pesta adat budaya “Mappanretasi” ini di rangkaian delam memperingati Hari Jadi ke 20 Kabupaten Tanah Bumbu.

Acara ini secara Resmi dibuka Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti dan Ketua DPRD Tanbu, Andrean Atma Maulani serta Sekda, H. Ambo Sakka.

PP lingkup Tanbu, para camat, Hadiripara Kades, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta masyarakat setempat yang antusias menyambut perhelatan tersebut.

“Acara ini adalah acara budaya yang merupakan refleksi perwujudan dari sebuah talenta, inspirasi yang sangat mewujudkan tentang tatanan prilaku dan budaya yang terjadi. Yang memang menjadi inspirasi yang luar biasa dari para pendahulu kita,” kata Bupati dr H. Zairullah Azhar dalam sambutannya.
Lanjutnya yang tentu sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai baik adat istiadat terutama spritual agama.

“Makna kegiatan dan perayaan hari ini sekaligus kita kolaborasikan bahwa bukan hanya ugkapan rasa syukur karna nelayan yang Insya Allah barokah, laut yang dahsyat tapi rasa syukur karna Tanah Bumbu dilimpahi begitu banyak rahmat rezki,” jelas orang nomor satu di Bumi Bersujud ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Sekda Tanbu H Ambo Sakka dalam laporannya menyampaikan untuk kegiatan pameran atau Expo Tanbu 2023 diikuti ratusan peserta dengan rincian

jumlah stand yang ada di dalam tenda roder sebanyak 68 selanjutnya di bagian luar ada 240 stan, dan sebelumnya ada tambahan 140 stan.

Ia menambahkan untuk kegiatan Tanah Bumbu Expo 2023 ini diikuti 10 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan

“Kegiatan digelar dari 20 Mei hingga 4 Juni 2023, puncaknya akan ada 200 perahu hias mengikuti acara budaya Mappanretasi.
( Edy : BUSER INDONESIA-Tim Media ).

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *