Diduga Banyak Proyek Tidak Transparan Dalam Informasi Keterbukaan Publik di Setiap Kegiatan

  • Bagikan

Buserindonews | Bandung – Pembangunan Tempat penahan Tebing (TPT) dan pekerjaan rabat beton dan sebagai CV yang ditunjuk tidak mengindahkan aturan yang telah di tetapkan PUPR sebagai syarat utama adanya papan informasi kegiatan.

Papan informasi terkait anggaran yang bersumber dari APBD harus ada di pasang dilokasi kegiatan,pagu/sumber anggaran harus ada tertera, speck volume harus di pasang ini,untuk memudahkan masyarakat mengetahui sumber anggaran kegiatan berapa jumlah anggaran yang digunakan,(Rabu 30/6/2021).

Menurut salah satu Lembaga independen pemantau anggaran (LIPA) dilapangan melihat Banyak kegiatan PUPR penunjukan langsung yang anggarannya bersumber dari APBD tidak mengindahkan aturan kementrian mengenai papan informasi kegiatan, tidak adayan informasi keterbukaan publik dalam pengerjaan proyek ,jelas disini menyalahi aturan yang ada.pungkas salah satu Anggota LIPA.

Bahkan menurut salah satu pekerja yang melaksanakan kegiatan tidak mengetahui sama sekali PT/CV yang menyuruhnya kerja,sungguh aneh.

Hasil pantauan para awak media dilapangan Di dapil IV Terdiri 4 kecamatan 1,cicalengka, 2,cikancung 3,nagreg dan 4,rancaekek pun kami menemukan kegiatan kirmir jalan TPT dan rabat beton, yang awal kegiatan tidak memasang papan informasi proyek tersebut yang jelas seolah diabaikan dan dianggap tidak perlu.

Apakah ini semacam trik untuk mengelabui masyarakat dengan menutup informasi kegiatan yang tidak sesuai dengan Uu no 14 thn 2008 UU KIP, tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan pertama, hak setiap orang untuk memperoleh Informasi; kedua, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan / proporsional, dan cara sederhana; ketiga, pengecualian bersifat ketat dan terbatas; keempat, kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.( JAY )

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia