Beranda Daerah Pengamatan Gerhana Bulan Total di LAPAN Sumedang Ditutup Untuk Umum

Pengamatan Gerhana Bulan Total di LAPAN Sumedang Ditutup Untuk Umum

Sumedang | buserindonews.com –  Pengamatan gerhana bulan total atau Super Blood Moon di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Sumedang ditutup untuk umum. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Fenomena gerhana bulan total diprediksi dapat diamati di seluruh Indonesia pada Rabu 26 Mei 2021 sore.

Humas BPAA Lapan Sumedang, Sael Pane menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan satu tim yang terdiri dari enam orang untuk melakukan pengamatan fenomena gerhana bulan total tersebut.

Meski begitu, ujar dia, pengamatan gerhana bulan total tahun ini hanya akan melakukan secara mandiri atau internal saja dan tidak terbuka untuk umum. Sebab, kata Sel, kegiatannya digelar di tengah pandemi Covid-19.

Pengamatannya tidak terbuka untuk umum seperti dulu, tahun ini hanya internal saja,” ujar Sael Pane saat dihubungi, Selasa 25 Mei 2021.

Aturan tersebut sudah sesuai dengan instruksi dari Lapan Pusat bahwa semua Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) harus melakukan pengamatan secara terbatas,” Sael menambahkan.

Ia menuturkan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapkan untuk pengamatan fenomena gerhana bulan total tersebut.

Sudah kami persiapkan, mulai menggelar rapat koordinasi, menyiapkan tim dan peralatan, hingga melakukan simulasi pengamatan,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga sudah melakukan inventarisir semua peralatan untuk melakukan pengamatan tersebut, di antaranya teropong dan alat lainnya yang akan digunakan agar saat kegiatan pengamatan nanti.

Semua peralatan sudah siap untuk digunakan,” tuturnya.(JAY )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Kodim 1022 Siapkan 2000 Anggota Sambut Kedatangan Presiden Jokowi ke Tanah Bumbu.

  KALSEL - TANAH BUMBU || buserindonews - Kesibukan Forkopimda Kabupaten Tanah Bumbu menjelang kunjungan Presiden RI ke Tanah Bumbu, agenda peresmian pabrik Bio Disel...

Back To Basics : Tugas Fungsi Pemasyarakatan Kalapas Cikarang Berikan Penguatan Pada Jajaran Pengamanan

Buserindonews.com Kabupaten Bekasi -  15 Oktober 2021 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang lakukan “Back To Basic”  Penguatan terkait Tugas dan Fungsi, Pemasyarakatan kepada seluruh Jajaran Pengamanan...

Belasan Siswa MTs Cijantung Ciamis Tenggelam di Sungai Cileueur

Ciamis // buserindonews.com – (BI) Pada hari Jum'at 15 Oktober 2021 jam 18.30 Wib s/d selesai bertempat di sungai Cileueur Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten...

Kapolres PALI Hadiri Kegiatan Pembinaan Ormas

  Pali || buserindonews.com - Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triyadi,S.I.K Menghadiri kegiatan Dialog Dalam Rangka Pembinaan Ormas Kabupaten PALI Tahun 2021 untuk meningkatkan wawasan Kebangsaan...

Recent Comments