Beranda Nasional Resmi, Pemerintah Alihkan Rp 24 Triliun Dana Desa Jadi Bantuan Langsung Tunai

Resmi, Pemerintah Alihkan Rp 24 Triliun Dana Desa Jadi Bantuan Langsung Tunai

 

NASIONAL.Buser indonesia– Pemerintah resmi mengalihkan penggunaan dana desa menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) demi melawan dampak pandemi virus corona penyebab COVID-19.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Desa PDDT nomor 6 tahun 2020 yang merevisi Permendes nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

“Isi dari Permendes ini adalah pertama bahwa dana desa bisa digunakan untuk bantuan dana desa atau bansos tunai dana desa, istilahnya macam-macam tetapi intinya untuk bantuan langsung tunai dana desa,” ungkap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers daring, Selasa (14/4/2020). Yang dilansir oleh Kumparan Com.

Total dana desa yang dialihkan menjadi bantuan langsung tunai mencapai Rp 24,47 triliun atau sekitar 30 persen dari total anggaran dana desa yang telah dialokasikan pemerintah dalam APBN 2020 sebesar Rp 72 triliun. BLT Dana Desa sebesar Rp 24,47 triliun tersebut nantinya akan diberikan kepada 12,48 juta keluarga miskin penerima manfaat.

Penyaluran BLT ini nantinya akan dilakukan oleh pemerintah desa dengan metode nontunai (cashless) setiap bulan. Jangka waktu pemberian BLT Dana Desa yaitu tiga bulan terhitung sejak April 2020.

“Besaran BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp 600.000 per keluarga,” ujar Abdul.

Kemendes merinci, pihak-pihak yang berhak menerima BLT Dana Desa antara lain yaitu kelompok miskin yang belum terdaftar PKH/BPNT, masyarakat yang kehilangan mata pencaharian atau miskin mendadak karena situasi COVID-19, serta kelompok yang belum mendapatkan Kartu Pra Kerja.

“Jadi jangan sampai ada warga masyarakat yang terdampak COVID-19 secara ekonomi tidak tersentuh oleh kebijakan pemerintah. Karena itu penyisirannya terhadap siapa yang berhak menerima ini harus dilakukan di tingkat desa, bahkan fokus pendataannya di tingkat RT RW/Dusun,” tandasnya(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Team Media Konsultasi Kepada Ketua Peradi, Terkait Dugaan Arogansi Oknum Dewan

  Kebumen || buserindonews - Merasa diperlakukan tidak pada tempatnya, Team media mendatangi Ketua PERADI Kebumen Dr,H Teguh Purnomo SH, M.Hum,MKn di Gedung Putih Kebumen....

Kapolda Berrsama Kasdam ll Sriwijaya Dampingi Gubernur Kunjungan Kerja di Kabupaten OKI

  Kayu Agung (OKI) Sumsel || buserindonews - Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto,MH Bersama Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E.,...

Mutasi Pejabat di Lingkungan Polres Banjar, Kapolres Pimpin Upacara Sertijab

  Polres Banjar || buserindonews - Sebanyak 6 Perwira Polres Banjar mendapat promosi jabatan dalam ucapara serah terima jabatan (jabatan) yang dipimpin langsung oleh Kapolres...

Kejari Kabupaten Bekasi Selidiki Dugaan KKN Di  Dinas Perdagangan

Buserindonews.com Kabupaten Bekasi - Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) meminta Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi agar transparan atas informasi atau laporan LAMI terkait surat Nomor: 048/B/Informasi/LAMI/V/2021...

Recent Comments