Studi: Satu dari 10 Penyitas Covid-19 Masih Bisa Menular Setelah 10 hari

  • Bagikan

buserindonews.com – Studi baru menyebutkan satu dari 10 orang yang positif Covid-19 masih bisa menular setelah 10 hari. Pernyataan yang sama juga disampaikan Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA).

Seperti dilansir dari laman Independent, Sabtu (19/3/2022), sebuah studi baru yang dipimpin oleh University of Exeter menunjukkan angka itu bisa lebih dari dua kali lipat. Dari 176 orang yang dites PCR, 13 persen ditemukan berpotensi menular setelah 10 hari.

Para peneliti menggunakan tes yang baru disesuaikan yang dapat mendeteksi apakah virus itu berpotensi masih aktif. Tes PCR biasanya mengetahui seseorang baru saja terinfeksi tapi tidak bisa mengetahui apakah mereka menular.

Tes yang digunakan dalam penelitian ini memberikan hasil positif hanya jika virusnya aktif dan berpotensi menularkan. Beberapa orang ditemukan berpotensi menular hingga 68 hari.

“Meskipun ini adalah penelitian yang relatif kecil, hasil kami menunjukkan bahwa virus yang berpotensi aktif kadang-kadang dapat bertahan lebih dari periode 10 hari, dan dapat menimbulkan potensi risiko penyakit,” ungkap Profesor Lorna Harries dari University of Exeter Medical School.

Ditambahkan Merlin Davies selaku penulis utama penelitian, jenis tes baru harus digunakan untuk melindungi orang yang rentan. Dia menyebut, orang yang terus menularkan virus setelah 10 hari dapat menimbulkan risiko kesehatan masyarakat yang serius.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia