Adat Dayak BATAMAD Provinsi Meriahkan Festival Budaya KALSEL

  • Bagikan

 

KALSEL || buserindonews – Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di Siring 0 Km Banjarmasin resmi dibuka selama 3 hari mulai 22 dampai 24/10/21. Jumat (22/10/2021) siang.

Pembukaan ditandai dengan tapak mayang di atas panggung Sekda Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Jumat siang.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor lewat Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar menyampaikan apresiasi pada Dinas Pariwisata dalam upaya membangkitkan pariwisata kalsel yang sempat terpuruk akibat covid 19.

“Ini merupakan tantangan besar untuk membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi seperti sekarang,” ujar Roy.

Dalam acara Festival budaya di hadiri berbagai Perwakilan budaya dari Banua seluruh Kalsel seperti, BATAMAD Prov.Kalsel, Dayak tabalong,Patriot pariwisata, Dewan adat dayak tabalong, DAD kota banjarmasin, Sanggar meratus lestari, ADKAB, BATAMAD, PKKD-LB, Saraba sanggam, Pokdarwis kampung kuin, Pokdarwis sungai jingah dan Sanggar bunga anggrek.

Sementara itu Bapak KELANA selaku Komandan Pelaksana harian Adat Dayak Batamad Prov.Kalsel menyampaikan kepada Media, Dengan ada nya festival budaya yang bertajuk KEARIFAL LOKAL KALIMANTAN SELATAN.
Yang di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Kami dari Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak ( BATAMAD )Prov.Kalsel ikut hadir untuk memeriahkan acara Festival Seni dan Budaya,”Ucapnya,

yang mana tugas dan fungsi pokok BATAMAD adalah Mengangkat harkat derajat masyarakat adat Dayak, Menjaga kearifan lokal, menjaga mengamankan dan melaksanakan keputusan dari Dewan Adat Dayak, Ikut berperan serta dengan pemerintah POLISI dan TNI untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kalimantan”Sambungnya.

Pada umum nya BATAMAD secara khususnya Ikut peran dalam menjaga wilayah2 NKRI sesuai dengan Nilai2 Pancasila dan UUD 1945.”tutupnya.
( Edy S – Buser indonesia ).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia