Kapolres Banjar Hadiri Upacara Peringatan Hari Ibu tahun 2021 di Halaman Setda Kota Banjar

  • Bagikan

 

Polres Banjar || buserindonews  – Kongres Perempuan Indonesia pada tahun 1928 menjadi cikal bakal diperingatinya hari Ibu di Indonesia. Tujuan diadakannya kongres untuk mempersatukan seluruh organisasi perempuan dalam suatu badan federasi tanpa memandang latar belakang agama, politik, dan kedudukan sosial dalam masyarakat. Kongres pertama menjadi puncak dari kesadaran berorganisasi perempuan indonesia dalam memperjuangkan hak – haknya. Dari masa ke masa perempuan Indonesia selalu berpartisipasi dalam perjuangan memajukan bangsa dalam berbagai bidang dan tidak
hanya didalam keluarga tetapi dalam kehidupan bermasyarakat.

Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, S.I.K.,M.Si. menghadiri Peringatan Hari Ibu tahun 2021 Tingkat Kota Banjar, digelar secara sederhana dan dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Tahun 2021 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, dengan Inspektur Upacara Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., Rabu, 22 Desember 2021.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Iin Kurniawati,SH,MAP, Kepala Bidang P3A pada Dinas Sosial P3A Kota Banjar dengan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Kajari, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar, serta Para Kepala OPD.

Dalam amanatnya, Wali Kota Banjar menuturkan Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Tanggal ini dipilih untuk menghormati Kongres Perempuan 1 di Yogyakarta pada tahun 1928 yang merupakan awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia. Maka dari itu, Peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah Mother’s Day, melainkan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya.

“Jika kita melihat sejarah, tentunya perjuangan para perempuan bukanlah hal yang mudah. Namun perempuan-perempuan Indonesia dengan gagah berani menembus batas-batas sosial, bersuara untuk memperjuangkan hak-hak kaumnya, dan bersama dengan kaum laki-laki, meraih kemerdekaan”jelasnya.

Lebih lanjut, wali kota mengatakan Pandemi Covid19 yang melanda di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia, meningkatkan kerentanan ekonomi perempuan, ketidaksetaraan gender, serta mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Namun begitu, di tengah terpaan apapun, perempuan Indonesia merupakan srikandi-srikandi kuat yang mampu melampaui berbagai tantangan yang melingkupi mereka.

“Begitu pula di masa yang sulit seperti saat ini, perempuan-perempuan Indonesia turut hadir di garda terdepan. Di tengah perjuangan menuju pemberdayaan perempuan yang
membawa beragam tantangan, rintangan, dan hambatan, ada satu hal yang tidak berubah, yakni perempuan Indonesia tetaplah tangguh, kuat, dan berani dalam menjadi penopang hidup kaumnya. Menjadi sebaik-baiknya Ibu Bangsa. Melalui Peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021 ini, saya berharap kita dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus
mengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan.”jelasnya.

Sementara itu, Dalam memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial tahun 2021, Wali Kota mengajak dan mengingatkan agar semua lapisan masyarakat menjadi bagian dari pemecahan masalah sosial.
“sesuai dengan Tema HKSN tahun 2021,Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera”, mari kita jadikan nilai solidaritas sebagai inspirasi dalam setiap langkah kita. Saya juga mengajak untuk menyatukan tekad dan melangkah bersama secara aktif dalam membangun Indonesia yang lebih baik dengan gotong royong”pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan Sosial Dampak PPKM Covid19 untuk LKS Semesta 199 (Purwaharja) berupa uang Senilai 3 juta Rupiah, Bantuan Operasional Lembaga untuk LKS Fathurohman (Binangun), uang Senilai 50 juta rupiah serta Bantuan Kelompok Usaha Bersama untuk Kube Mulyasinta berupa uang senilai lima juta rupiah.
Selain bantuan, Juga diserahkan Plakat penghargaan dari Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia kepada Kepala Dinas Sosial Kota Banjar oleh Walu Kota Banjat sebagai Kota Penerima Anugrah Parahita Ekapraya 2020 Kategori Madya. ( Ohir )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buser Indonesia