Beranda Pendidikan KKN Mahasiswa UBP Karawang 2021 Bersinergi Dengan Kepala Desa Jaya Makmur Untuk...

KKN Mahasiswa UBP Karawang 2021 Bersinergi Dengan Kepala Desa Jaya Makmur Untuk Membangkitkan dan Mengembangkan Potensi Desa.

Karawang || buserindonews – Mulai tanggal 1 Juli 2021, sekelompok mahasiswa UBP Karawang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jayamakmur Karawang.

Kegiatan KKN mahasiswa UBP Karawang ini akan berakhir pada tanggal 31 Juli 2021. Kegiatan KKN kali ini, mengusung tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Masa New Normal”.

Banyak kegiatan yang sudah dilakukan oleh kelompok KKN mahasiswa ini di Desa Jayamakmur sejak kegiatan ini dilaksanakan, salah satunya bersinergi dan melakukan pendampingan UMKM yang ada di wilayah Desa Jayamakmur.

UMKM tersebut diantaranya, budi daya ikan dan produksi kerupuk. Hal yang dilakukan oleh kelompok KKN mahasiswa UBP tersebut terhadap UMKM adalah membantu bagaimana proses pemasaran dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan sosial media.

Menurut Kepala Desa Jayamakmur yaitu H. Ujang Junaedi, di desa tersebut terdiri dari 3 wilayah dusun yaitu dusun Krajan, Ciagem 1, dan Ciagem 2. Di mana wilayah tersebut terbagi pada 3 (tiga) RW dan 23 (dua puluh tiga) RT, dengan total jumlah penduduk sebanyak 6.910 jiwa, serta luas tanah 470,78 h. Di Desa Jayamakmur, mayoritas mata pencaharian penduduknya bekerja sebagai petani.

Di sisi lain, kelompok KKN mahasiswa UBP Karawang ini juga bersinergi dengan kelompok warga desa lainnya dengan dibantu dan dibimbing oleh Kepala Desa Jayamakmur untuk ikut meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di desa tersebut.

Kegiatan tersebut berkaitan dengan pemberdayaan sumber – sumber daya pendapatan penduduknya, sehingga diharapkan dengan sinergi tersebut, sektor usaha yang tergabung dalam kelompok UMKM tersebut dapat meningkatkan pendapatan dan mengembangkan usahanya.
Pada hari Minggu tanggal 25 Juli 2021, kelompok KKN mahasiswa UBP Karawang memberikan sedikit bantuan kepada warga desa Jayamakmur, dengan cara memberikan bantuan bibit ikan Jambal sekitar 1000 ekor untuk diternak di kolam ikan yang dikelola oleh aparatur desa dan warga sekitar untuk dibudidayakan.

Dengan sedikit bantuan dari mahasiswa KKN UBP Karawang tersebut, diharapkan dapat membantu dan memotivasi agar budidaya ikan yang sekarng ada bisa lebih berkembang dan dapat meningkatkan tarap kehidupan masyarak desa Jayamakmur.

Dari rangkaian kegiatan KKN mahasiswa UBP Karawang yang dilaksanakan di Desa Jayamakmur ini, diharapkan dapat menambah wawasan khususnya bagi para mahasiswa, sehingga KKN ini menjadi salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang penuh dengan pembelajaran hidup dan pengalaman sebagai bekal para mahasiswa di masa yang akan datang.

Untuk warga Desa Jayamakmur, semoga kegiatan KKN Mahasiswa UBP Karawang ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk terus berkembang dan selalu meningkatkan potensi yang dimilikinya, sehingga apa yang diharapkan oleh Kepala Desa, Aparatur Desa, dan warganya yang ingin menjadikan Desa Jayamakmur yang benar – benar jaya dan makmur, segera terwujud. ( Nung )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Back To Basics : Tugas Fungsi Pemasyarakatan Kalapas Cikarang Berikan Penguatan Pada Jajaran Pengamanan

Buserindonews.com Kabupaten Bekasi -  15 Oktober 2021 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang lakukan “Back To Basic”  Penguatan terkait Tugas dan Fungsi, Pemasyarakatan kepada seluruh Jajaran Pengamanan...

Belasan Siswa MTs Cijantung Ciamis Tenggelam di Sungai Cileueur

Ciamis // buserindonews.com – (BI) Pada hari Jum'at 15 Oktober 2021 jam 18.30 Wib s/d selesai bertempat di sungai Cileueur Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten...

Kapolres PALI Hadiri Kegiatan Pembinaan Ormas

  Pali || buserindonews.com - Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triyadi,S.I.K Menghadiri kegiatan Dialog Dalam Rangka Pembinaan Ormas Kabupaten PALI Tahun 2021 untuk meningkatkan wawasan Kebangsaan...

Polres Satresnarkoba Tanah Bumbu Tangkap Pengedar Kiloan Sabu dan Ekstasi.

  Tanah Bumbu || buserindonews - Polres Satresnarkoba Tanah Bumbu Kalsel mengamankan barang bukti kiloan sabu dan ratusan butir ekstasi saat penangkapan Herliansyah, 27 September...

Recent Comments