Pramuka Penggalang SMP/MTs dan Penegak SMA/SMK/MA se-Jawa Barat Ikuti Giat Manangga Scout Creative Contest

Tasikmalaya (BI) – Bertempat di SMK Manangga Pratama Kota Tasikmalaya Jl. Bojong tengah No. 2D Kel / Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya, Minggu (23/2) telah dilaksanakan Giat Upacara Pembukaan Manangga Scout Creative Contest ke-11 Tk Pramuka penggalang SMP/MTS dan Penegak SMA /SMK/MA se-Jawa Barat dengan pelaksana Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Tasikmalaya 03099-03100 Pangkalan SMK Manangga Pratama Cq Dewan Ambalan Arjuna angkatan X1X – Srikandi angkatan IX yang dipimpin dan buka oleh Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Tasikmlaya Drs. Undang D, M.Pd.

Kapolsek Indihiang, Kompol Moch Bashori, S.AP pada laporannya kepada Kapolresta Tasikmalaya menyampaikan, kegiatan Manangga Scout Creative Contest ke-11 dengan ketua pelaksana sangga kerja Fajar Purnama, S.Kom dan Majlis pembimbing Ketua Gudep 03099-03100, Japar Solihin, S.Pd, M.Pd , dengan peserta kurang lebih  900 orang  dari Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kab. Tasikmalaya, Kab. Garut, Kab. Ciaimis dan Kab. Pangandaran  yang dihadiri oleh diantaranya :

  1. Drs. H. Undang D,  M.Pd selaku Ketua Harian Kwarcab Kota Tasikmalaya  ( Staff Ahli mewakili Walikota Tsm)
  2. Aiptu Pupu, Kapospol Cipedes (mewakili Kapolsek Indihiang)
  3. Kepala Sekolah/ Majlis Pembimbing Gudep 03099-03100 SMK Manangga Pratama, Japar Solihin, S.Pd, M.Pd.
  4. Perwakilan Para Ketua Kwarcab dari Kota dan Kabupaten yang ikut Giat lomba Pramuka
  5. Perwakilan para Ketua Gudep dari Sekolah yang menjadi perserta Giat Loba Pramuka.
  6. Para Juri dari Polres Tasikmalaya Kota Dan Kodim Tasikmalaya.

Kompol Moch Bashori, S.AP mengatakan, Giat Manangga Scout Creative Contest dilatarbelakangi bahwa gerakan pramuka merupakan wadah pembinaan pemuda indonesia untuk mengembangkan kreatifitas disegala bidang, sehingga pembinaan dan pengbangan pramuka penggalang dan penegak harus diarahkan pd giat yang dikelola secara kreatif, edukatif dan produktif.

“Pelaksanaam Giat Manangga Scout Creatif Contest dengan maksud sebagai sarana proses evaluasi bagi para anggota muda tingkat penggalang dan penegak yg bersiat edukatif, atraktif dan produktif dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan menanamkan rasa sportifitas, tanggungjawab terhadap diri, agama, negara dan bangsa,” ujarnya.

Kepala SMK Manangga Pratama selaku ketua/Majlis Pembimbing Gudep, Japar Solihin, S.Pd, M.Pd memberikan apresiasi yang setingi-tingginyanya seluruh kwarcab sampai kepada seluruh peserta dan Ketua Gudep serta para peserta yang telah mendorong dan mendukung serta ikut lansung berpartisipasi pada pelaksanan Giat lomba Scout Creative Contest ke-11 yang mudah penuh harapan sampai selesai bisa berjalan dengan lancar.

“Semoga ikatan tali siaturahmi dan rasa sportipitas, rasa tanggung jawab pada semua peserta semakin tertanam demi kesatuan dan persatuan bangsa,” ujar Japar Solihin.

Kegiatan tersebut menurutnya merupakan kegiatan yang sudah menjadi program kerja sekolah yang biasa dilaksanakan setiap satu tahun satu kali dengan harapan kualitas dan kuantitas kepramukaan semakin kedepan semakin baik dan sempurna.

Japar Solihin menambahkan, para peserta kegiatan adalah anggota pramuka tk penggalang SMP/MTs dan Penegak SMA/SMK/MA  sebanyak 46 regu/sangga yang antara lain : Penggalang SMP/MTs sebanyak 23 Regu dan Penegak SMA sederajat sebanyak 23 Sangga. Adapun yang menjadi Mata perlombaan Antara lain : Lomba ketangkasan Baris berbaris, Lomba pioneering, Lomba gerak jalan indah dan Lomba cosplay tokoh pramuka.

Pada sambutannya, Ketua harian Kwarcab Pramuka Kota Tasikmalaya Drs. Undang D, M.Pd pada intinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kwarcab yang telah mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti berbagai giat lomba dalam kepramukaan yang semoga bisa berguna bagi bangsa dan negara.

Undang mengatakan, pelaksanaan giat lomba manangga scout creative contest ke 11 ini diharapkan bisa menghasilkan jiwa dan kepribadian yang luhur dengan penuh ketakwaan kepada tuhan yang maka esa seuai dengan bunyi Dasadarma.

Ia juga berharap, kegiatan kepramukaan semakin hari semakin baik dengan penuh kreatif secara edukatif sehingga bisa semakin produktif demi kemajuan bangsa. Ikatan tali silaturahmi mudah-mudahan semakin tertanam sehingga bisa memiliki rasa senasib sepenanggungan dengan penuh tanggungjawab.

“Kedepan SMK Manangga menjadi sekolah pramuka yang dalam arti menjadi sekolah yang dalam kepramukaan dalam berbagai hal menjadi contoh dan pionir bagi sekolah lain. Selama kegiatan berjalan, siatua aman, tertib dan lancar,” tambahnya. *(HENDRIK)

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *