Melawan Politik Uang Dengan Pengawasan Partisipatif

BUSER INDONESIA || Purwakarta – Guna meningkatkan kesadaran dan peran aktif generasi muda dalam mengawasi jalannya pemilu yang bersih dan bebas dari praktik politik uang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta, menggelar sosialisasi bertajuk “Melawan Politik Uang dengan Pengawasan Partisipatif” di Hotel Ciwareng In Purwakarta, Rabu (10/07/2024) melibatkan pemilih pemula.

Yusup Suprianto, Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta, dalam sambutannya mengatakan, pentingnya partisipasi aktif pemilih pemula untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil.

“Pengawasan partisipatif bukan hanya tugas Bawaslu, tetapi juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, terutama pemilih pemula yang akan menjadi penerus demokrasi di masa depan,” ungkapnya.

Hadir ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Purwakarta, nampak antusias mengikuti sesi diskusi dan tanya jawab.

Para pemilih pemula semakin memahami pentingnya pengawasan partisipatif dan berani melawan politik uang demi terciptanya pemilu yang bersih dan berintegritas,” harap Yusup.

Kegiatan tersebut, menurut Ketua Bawaslu untuk meningkatkan kesadaran dan peran aktif generasi muda dalam mengawasi jalannya pemilu yang bersih dan bebas dari praktik politik uang.

Sosialisasi ini menghadirkan akademisi Aip Syarifudin dan praktisi Yulianto.

Pentingnya peran akademisi dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat, terutama kepada pemilih pemula agar memahami hak dan tanggung jawab mereka dalam pemilu disampaikan Aip Syaripudin.

Berbagi pengalaman dan strategi praktis dalam pengawasan partisipatif serta cara mencegah dan melaporkan pelanggaran politik uang, disampaikan Yulianto.

Laela – SB

[wp_reusable_render id='61694']

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *